Tanpa PDIP, Empat Parpol Pendukung Jokowi Adakan Pertemuan


SURATKABAR.ID Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan jika ada empat parpol pendukung Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin menyepakati untuk solid hingga lima pemerintahan lima tahun mendatang.

Parpol-parpol tersebut mengadakan pertemuan di kantor DPP Partai Nasdem, Senin (22/7/2019). Empat parpol tersebut adalah PKB, NasDem, Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pertemuan yang dihadiri Cak Imin, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa dan Ketum NasDem Surya Paloh adalah menegaskan kesolidan mereka dalam mendukung Jokowi.

“Pokoknya gini, empat (partai) ini solid apa pun. Keputusan bersama. Apa saja nanti,” kata Muhaimin usai pertemuan di kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Senin malam (22/7/2019), dikutip dari viva.co.id.

Cak Imin mengatakan, pertemuan tanpa PDI Perjuangan ini terjadi spontan. Ia membantah anggapan, tak hadirnya PDIP, terutama Megawati Soekarnoputri dalam pertemuan, karena belum satu suara mengenai komposisi pimpinan parlemen ataupun arah koalisi.

Sementara itu, Suharso Monoarfa mengatakan jika empat partai tersebut sepakat untuk tidak menambah anggota koalisi baru. Hal itu kemungkinan dimaksudkan untuk menjawab wacana bergabungnya pendukung Prabowo Subianto ke kubu Jokowi.

Keempat partai itu, kata dia, juga menyepakati untuk tidak mengembangkan wacana-wacana agar perlunya tambahan rekan koalisi baru.”Kami ingin soliditas koalisi itu terjaga. Dan, bagaimana kami mengantisipasi adanya pikiran-pikiran, apakah diperlukan perluasan keanggotaan dari koalisi dan seterusnya,” ujar Suharso.

Surya Paloh mengatakan bahwa tanpa kehadiran PDIP di pertemuan tersebut bukan sesuatu yang disengaja. Menurut dia, ketidakhadiran Megawati dalam pertemuan hanya ingin menghormati yang bersangkutan tengah sibuk menyiapkan Kongres Agustus mendatang.

Surya Paloh menjelaskan bahwa pertemuan itu terjadi karena spontanitas.

“Kami sadar, Ibu Mega pasti sibuk sekali saat ini. Nanti, kita cari waktu lagi duduk dengan mbak Mega, lima orang atau semua ketua umum. Harapan kami, punya perspektif dan pikiran yang sama,” ujarnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumya5 Fitur Keren Ini Bikin Smartphone Terjangkau Ini Jadi Incaran Para Generasi LIVE
Berita berikutnyaPeluang 2 Kader Gerindra Masuk Kabinet Jokowi. Fadli Zon?