Sudah Dua Kali Mangkir, KPK Panggil Ulang Mendag Enggar Lukita


SURATKABAR.IDKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita untuk memenuhi panggilan penyidik sebagai saksi pada kasus dugaan penerimaan gratifikasi dengan tersangka Bowo Sidik Pangarso.

Politikus asal Partai NasDem tersebut dibutuhkan keterangannya guna melanjutkan penyelidikan lebih dalam. “Diagendakan penjadwalan ulang terhadap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sebagai saksi dalam perkara ini. Mengacu pada surat yang pernah disampaikan ke KPK, yang bersangkutan menyampaikan kesediaan hadir Kamis, 18 Juli 2019,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (18/7/2019), dikutip dari jawapos.com.

Febri menuturkan, dengan memenuhi panggilan penyidik, Enggar akan menjadi contoh yang baik bagi penyelenggara negara lainnya. Nantinya, Enggar pun dapat mengonfirmasi kepada penyidik terkiat hal yang diketahuinya dalam perkara ini.

“Kami harap saksi bisa hadir memenuhi jadwal pemeriksaan yang telah diundur beberapa kali ini. Kepatuhan terhadap proses hukum, terutama oleh Penyelenggara Negara semestinya dapat menjadi contoh,” tegas Febri.

Enggar pada panggilan sebelumnya telah mangkir dari pemeriksaan  penyidik KPK. Panggilan terakhir yang disampaikan KPK pada 2 Juli 2019 dan 8 Juli 2019.

Selain Enggar, KPK juga memanggil sejumlah saksi lainnya dari pihak swasta yakni Komisaris Utama PT Fahreza Duta Perkasa Aan Ikhyaudin, Dirut PT Fahreza Duta Perkasa, Widodo, Direktur PT Fahreza Duta Perkasa Isdianto, Direktur PT Telaga Gelang Indonesia Hendy Putra, Komisaris PT Telaga Gelang Indonesia Muhammad Irham, dan wiraswasta Azwir Dainy.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Bowo Sidik dan anak buahnya, staf PT Inersia bernama Indung serta Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia, Asty Winasti sebagai tersangka.

Bowo diduga menerima suap dari Asty dan petinggi PT Humpuss Transportasi Kimia lainnya terkait kerja sama bidang pelayaran menggunakan kapal PT Humpuss Transportasi Kimia melalui Indung.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKota Suci Bagi 3 Agama, Inilah 7 Tempat Wisata di Yerusalem yang Populer dan Bersejarah
Berita berikutnyaJK Mengaku Akan Geluti Bisnis Ini Setelah Tak Jadi Wapres