Waduh! Gerindra Digugat Mulan Jameela. Perkara Apa?


SURATKABAR.ID Mulan Jameela dan sejumlah kader Partai Gerindra mengajukan gugatan kepada Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra, Praboeo Subianto. Gugatan perdata itu disampaikan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomer perkara 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL.

“Penggugat meminta agar diusulkan dengan ditetapkan sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra,” ujar Humas PN Jaksel, Achmad Guntur saat dimintai konfirmasi, Selasa (16/7/2019), dikutip dari detik.com.

“Sidang kedua terkait perkara sengketa partai digelar besok,” kata Guntur.

Baca Juga: Sindir Habib Rizieq, Hendropriyono: Kau yang Memulai, Kau yang Mengakhiri

Guntur membenarkan sejumlah caleg Gerindra yang menjadi penggugat di antaranya R Wulansari alias Mulan Jameela dari dapil XI Garut, Jawa Barat, R Saraswati Djojohadikusumo, Seppalga Ahmad juga Katherine A Oe.

Seperti diwartakan kumparan.com, dalam gugatannya kepada Prabowo, para penggugat berdalih bahwa mereka adalah tokoh-tokoh partai yang telah memberikan jasa besar atas perjuangan Partai Gerindra sehingga bisa menjadi pemenang kedua dalam gelaran Pemilu 2019.

Atas dasar tersebut pula para penggugat menggugat Prabowo agar segera menetapkan mereka sebagai anggota DPR RI terpilih.

“Bahwa inti gugatan ini adalah pelanggaran hak Para Penggugat selaku Anggota dan bahkan kader Partai Gerindra yaitu hak untuk menentukan kebijakan serta hak untuk dipilih (Pasal 15 ayat (2) UU Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Partai Politik) oleh Para Tergugat karena tidak menetapkan Para Penggugat sebagai Anggota Legislatif dari Partai Gerindra yang secara rinci akan diuraikan dalam uraian pokok perkara,” seperti dikutip dari berkas hukum yang diterima, Senin (15/7/2019).


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaFahri Hamzah Teringat Orba Ketika Mendengar Pidato Jokowi
Berita berikutnyaIstri Rela Lakukan Perawatan Agar Aduhai, Suami Malah Selingkuh dengan Wanita Tua