Sindir Habib Rizieq, Hendropriyono: Kau yang Memulai, Kau yang Mengakhiri


SURATKABAR.ID Mantan Kepala Badan Intelijen Negara Abdullah Mahmud Hendropriyono menyidiri wacana kepulangan Shihab Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq ke Indonesia. Hendropriyono mengatakan jika Habib Rizieq tinggal membayar denda overstay jika ingin tinggalkan Arab Saudi.

“Ya bayar aja susah amat. Kenapa, begini dulu ada lagu ‘kau yang memulai, kau yang mengakhiri’ , dia pergi ya artinya pulang sendiri,” kata Hendropriyono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019), dikutip dari tempo.co.

Hendropriyono mengaku heran dengan adanya pernyataan bahwa kepulangan Habib Rizieq harus menjadi bagian dari rekonsiliasi setelah pemilihan presiden 2019.

Baca Juga: Penggiat HAM Menilai Pidato Jokowi Mengerikan

Ia mengatakan bahwa rekonsiliasi semestinya tidak ada dalam negara demokrasi. “Siapa yang suruh bertentangan sehingga ribut rekonsiliasi,” kata mantan Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia ini.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPP FPI Munarman menyebut jika pimpinannya, Habib Rizieq  belum juga pulang ke Indonesia karena dicekal oleh Indonesia. Sehingga Habib Rizieq tidak bisa pulang.

“Jangan ada pihak-pihak lain atau provokator yang menyatakan pulang saja, nanti ditangkap atau berurusan dengan hukum,” tegas Munarman dalam jumpa pers persiapan kegiatan Ijtima Ulama ke 4 di Jakarta, Senin (15/7/2019), dikutip dari suara.com.

Munarman mengklaim bahwa FPI sudah sangat lama mengusahakan agar Habib Rizieq kembali ke tanah air. Bahkan sudah berusaha sejak akan diadakannya Itjima’ Ulama yang pertama.

“Habib Rizieq bukan tidak mau pulang, tetapi Habib tidak bisa pulang karena terhalang akibat pencekalan keluar dari wilayah Saudi atas permintaan pihak kita di sini,” ucap Munarman.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPenggiat HAM Menilai Pidato Jokowi Mengerikan
Berita berikutnyaAwas! Ini Bahaya Mengintai Bawa Smartphone ke Toilet