Pernyataan Tegas Muhammadiyah Tentang Usulan Pelajaran Agama Dihapus


SURATKABAR.ID Beberapa waktu terakhir muncul isu yang menyerebak di masyarakat mengenai penghapusan pelajaran agama di sekolah. Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Yunahar Ilyas menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus abaikan usulan tersebut. Sebab gagasan tersebut tidak memiliki landasan yang jelas.

“Presiden harus abaikan usulan ahistoris tersebut,” ujar Yunahar saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (6/7/2019), dikutip dari republika.co.id.

Ia berpendapan bahwa penghapusan pelajaran agama adalah pelanggaran terhadap Sila Pertama dan pasal 31 UUD 45, Tujuan pendidian Nasional. Dia menyebut pengusul tidak menlakukan anasilasis terkait pendidikan agama. “Pernyataan yang tidak berdasar fakta, hanya asumsi,” ungkapnya.

Yunahar mengingatkan bahwa agama punya peran yang cukup besar dalam mempersatukan bangsa. Dia menjelaskan agama juga telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Setyono Darmono, Chairman Jababeka Group, yang juga pendiri President University itu mengusulkan agar agama diajarkan oleh orangtua masing-masing siswa di rumah atau guru agama di luar sekolah.

Setelah mendapatkan banyak sorotan, seperti yang diwartakan jpnn.com, Darmono memberikan klarifikasi melalui Ardiyansyah Djafar dari Desk Komunikasi Jababeka.

“Beredar berita bahwa SD Darmono, pendiri Jababeka, menganjurkan Presiden Jokowi untuk mengeluarkan pelajaran agama dari sekolah. Kami tegaskan bahwa pendapat itu telah menimbulkan salah penafsiran. Untuk itu kami meluruskan,” terangnya.

“SD Darmono sangat peduli pada pendidikan karakter berbasis agama yang mempunyai akar kuat dan sudah mentradisi di Nusantara. Yang dia soroti dan prihatinkan adalah mengapa identitas agama ketika dikaitkan dengan politik malah mendorong munculnya konflik dan polarisasi sosial. Padahal semua agama mengajarkan persatuan dan akhlak mulia,” lanjutnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSuami Selingkuh dan jadi Korban KDRT, Begini Kondisi Artis Cantik Berstatus Janda Muda Ini Sekarang
Berita berikutnyaJane Shalimar Didamprat, Vanessa Angel Sampai Bilang Begini