Selain Membahas Syarat Poligami, Rancangan Qanun Aceh Juga Mengatur Mahar yang Boleh Dicicil


SURATKABAR.ID Rencana dilegalkannya poligami di Aceh belakangan ini menjadi perbincangan publik. Rancangan Qanun (Raqan) Hukum Keluarga yang digodok Pemerintah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mengatur banyak hal, salah satunya adalah mengenai poligami.

Bukan hanya mengenai poligami, pada rancangan qanun itu juga mengatur mengenai mahar dalam pernikahan.

Seperti diwartakan detik.com Minggu (7/7/2019), poligami diatur dalam BAB VIII tentang beristri lebih dari satu orang. Ada lima pasal yang membahas terkait masalah ini mulai dari persyaratan hingga soal izin.

Pasal 46 dalam Raqan membeberkan kriteria seorang suami yang dibolehkan berpoligami. Di antaranya mempunyai kemampuan secara lahir dan batin. Qanun yang dibuat untuk melindungi perempuan dari nikah siri ini juga mengatur hak yang sama antar setiap istri dan anak-anak.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Aceh, Musannif, mengatakan, poligami pada dasarnya diperbolehkan sesuai hukum dalam agama Islam dan telah diatur dalam Alquran. Namun, selama ini banyak orang menikahi perempuan secara siri atau tidak tercatat oleh negara sehingga pertanggungjawaban terhadap istri dan anak dari nikah siri itu jadi tidak jelas.

“Selama ini kan karena diperbolehkan oleh hukum Islam, marak terjadi kawin siri yang kita tahu. Maka dengan marak terjadinya kawin siri ini pertanggungjawaban kepada Tuhan maupun anak yang dilahirkan ini kan lemah,” kata Musannif, Sabtu (6/7/2019).

Sementara mengenai mahar pernikahan, berdasarkan pasal 29, mahar yang diserahkan suami ke istri yaitu harus disepakati oleh kedua belah pihak. Penyerahan mahar dilakukan secara tunai dan besarannya disepakati.

Namun dalam qanun dianjurkan besaran mahar berlandaskan kesederhanaan dan kemudahan sesuai tuntunan syariat Islam. Dalam pasal ini juga disebutkan, dalam keadaan tertentu mahar boleh dicicil tapi harus ada kesepakatan antara kedua pihak.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaArtis Cantik Ini Kehilangan 3 Tawaran Main Film Karena Putuskan Pakai Jilbab
Berita berikutnyaBegini Reaksi Raisa Saat Mengetahui Sutopo Meninggal Dunia