Yenny Wahid: Yang Saya Tahu Pak Prabowo Itu Seorang Negarawan


SURATKABAR.ID –  Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid berharap rekonsiliasi antara Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto segera terlaksana. Ia meyakini bahwa Prabowo adalah sosok negarawan yang mengedapankan kepentingan negara.

“Saya sangat mendukung, bukan cuma mendukung, mendoakan semoga bisa segera terjadi. Yang saya tahu juga Pak Prabowo itu adalah seorang negarawan dan pastinya beliau lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau golongannya saja,” kata Yenny di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019), dikutip dari detik.com.

Yenny menjelaskan bahwa Prabowo sejak awal telah memberikan pernyataan akan memenuhi keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Ia menilai jika pertemuan antara Jokowi dan Prabowo bakal memberikan dampak positif terhadap para pendukung masing-masing. “Jadi kalau kemudian terartikulasikan dengan pertemuan antara Pak Jokowi dengan Pak Prabowo, ini sangat baik sekali bagi seluruh pengikut kedua belah pihak, dan ini menjadi langkah awal bagi kita untuk membangun bangsa ini ke depannya,” ujarnya.

Perihal adanya wacana pembagian jatah kursi kepada kubu Prabowo, Yenni mengatakan bahwa kedua belah pihak sebenarnya punya beberapa tujuan yang sama.

“Yang namanya politik adalah mekanisme menyuarakan atau memperjuangkan kepentingan dari komunitas masyarakat yang diwakilinya. Saya rasa banyak titik-titik kesamaan dari apa yang diperjuangkan kedua pihak, yakni keduanya menginginkan adanya masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera,” kata dia.

“Dua-duanya pasti ingin Indonesia ini menjadi negara yang besar dan disegani seluruh negara di dunia. Pasti kedua pemimpin ini menginginkan agar tingkat pengangguran lebih menurun lagi, tingkat kemiskinan menurun lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan jika pertemuan antara Jokowi dan Prabowo segera terwujud.

“Segera (bertemu). Saya pikir, Pak Prabowo kan sejak awal terbuka untuk komunikasi dengan siapapun. Termasuk Pak Jokowi dan Kyai Ma’ruf. Pak Prabowo anytime (bertemu). Saya pikir, beliau bersedia atau mau bertemu enggak ada masalah, ” kata Dahnil kepada wartawan di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Kota Serang, Senin (1/7/2019), dikutip dari tribunnews.com