RS Polri Telah Selesai Cek Kejiwaan Wanita Pembawa Anjing ke Masjid. Hasilnya?


    SURATKABAR.ID Rumah Sakit Polri telah menyelesaikan pemeriksaan kejiwaan SM, wanita yang membawa anjing ke Masjid Al Munawaroh Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Rencananya, SM akan diserahkan ke penyidik untuk ditahan.

    “Sesuai konferensi pers oleh bapak Karumkit kemarin, rencana tersangka dikembalikan ke penyidik hari Kamis atau Jumat,” kata Wakil Kepala Rumah Sakit RS Polri Kramat Jati, Kombes Hariyanto kepada wartawan di RS Polri, Jakarta Timur, Rabu (3/7/2019), dikutip dari detik.com.

    Haryanto menjelaskan bahwa tim psikiater RS Polri telah menghimpun data serta informasi dari pemeriksaan kejiwaan SM. Tahap selanjutnya adalah merampungkan visum.

    “Data dan informasi serta pemeriksaan tentang kondisi kejiwaan tersangka yang digali oleh tim psikiater sudah selesai, tinggal finishing pembuatan visum et repertum psikiatrikum,” ucapnya.

    Sebelumnya, Dirkrimum Polda Jawa Barat Kombes Bagus Pramono menyatakan akan melakukan penahanan setelah mengumpulkan sejumlah bukti.

    “Penyidik sudah sesuai Pasal 184 bahwasanya penyidik sudah kumpulkan empat alat bukti. Jadi untuk tersangka kita naikkan penyidikan, kita tahan, sprin-nya sudah kita lengkapi, SPDP Kejaksaan Bogor sudah kita kirim,” katanya saat konferensi pers bersama tim dokter yang menangani SM di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (3/7/2019).

    Atas hal itu, menurut Bagus, penyidik tak ragu dalam menetapkan SM sebagai tersangka. SM disebut sudah memenuhi unsur pidana dalam Pasal 156a KUHP.

    “Jadi dari penyidik sudah tidak ada keraguan, bahwa tersangka sudah penuhi unsur 156a KUHP yaitu penodaan agama,” ujarnya.