Benarkah Deddy Corbuzier Ganti Nama Usai Masuk Islam?


SURATKABAR.IDSelebritis Deddy Corbuzier mengambil keputusan penting dalam hidupnya. Ia memilih untuk menjadi mualaf dengan mengucap dua kalimat syahadat di Masjid Al Mbejaji, Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta pada Jumat (21/6/2019).

Seperti diwartakan viva.co.id, usai menjadi resmi memeluk Islam, Deddy diajak sahabatnya, Gus Miftah untuk bertemu sejumlah ulama, salah satunya menyambangi kediaman KH Ma’ruf Amin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Deddy bersama Gus Miftah dan Ustaz Yusuf Mansur datang menjelang waktu maghrib tiba. Ketiganya kemudian salat berjamaah, dipimpin langsung oleh Ma’ruf Amin sebagai imam.

Diakhir acara, Ma’ruf menyarankan kepada Deddy untuk memilih nama yang berbau Islam. Ia tidak memintanya untuk mengganti nama, tetapi memilih salah satu nama yang punya nuansa Islam.

“Namanya enggak usah diubah. Tambahin aja Ahmad atau Muhammad. Pilih aja mana yang enak,” ujar Ma’ruf tertawa.

Terkait perubahan namanya menjadi lebih Islam, Deddy menanggapinya dengan santai, “Disuruh pilih kan, tapi saya tetap Deddy Corbuzier kan, ganti (username) Instagram nanti turun followersnya,” ujar pria berusia 42 tahun tersebut.

Yusuf Mansur juga menyinggung perihal ganti nama tersebut. Menurutnya, pembuktian agama tidak harus dengan nama, tetapi dibuktikan dengan perilaku.

“Pembuktian beragama itu ketika bagaimana kita memberi suapan pada orang miskin, orang susah, dan mengangkat derajat orang yang lemah. Itu pembuktiannya. Wilayah fikihnya itu kan urusan personal,” tutur Ustaz Yusuf.

Mendengar komentar Ustad Yusuf tersebut, Deddy lantas menimpalinya dengan mengatakan dirinya setuju dengan pernyataan tersebut. “Saya setuju sekali. Tadi juga banyak yang nanya ganti nama apa enggak. Ustaz mengatakan benar sekali. Mungkin yang saya tunjukkan adalah perubahan seperti itu,” katanya.

Gus Miftah juga memberikan gambaran bahwa dirinya sama sekali tak memaksanya untuk mengganti nama. “Perubahan akhlak, bukan casing lah. Termasuk pertanyaan apakah saya memberi nama ke Deddy. Saya pikir syarat masuk Islam itu enggak perlu nama baru kok,” tuturnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaLama Tak Muncul, Begini Penampilan Ulfa Dwiyanti Sekarang. Mengejutkan!
Berita berikutnyaFPI Mengaku Telah Lakukan Perpanjangan Ijin, Mendagri: Belum Ada