Buka-Bukaan! Ternyata Ini Alasan Haris Azhar Batal jadi Saksi Prabowo di MK


SURATKABAR.ID Advokat pegiat isu hak asasi manusia (HAM) Haris Azhar mengambil keputusan untuk mundur dari rencana awalnya untuk menjadi saksi dari pihak Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Ia sebelumnya dijadwalkan akan memberikan kesaksian di sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dia mengajukan surat penolakan memberikan kesaksian untuk Prabowo-Sandiaga. Surat itu ditujukannya ke majelis hakim MK.

“Saya menolak memberikan kesaksian karena ada beberapa alasan,” kata Haris kepada wartawan, Rabu (19/6/2019), dikutip dari detik.com.

Haris menjelaskan bahwa dirinya menolak menjadi saksi lantaran menilai Prabowo adalah sosok yang masih punya masalah dengan pelanggaran HAM. Sementara Joko Widodo (Jokowi) juga dianggap Haris sebagai pihak yang tak bisa memberikan solusi atas kasus-kasus HAM.

“Saya melihat Prabowo salah satu orang yang punya catatan hitam soal HAM, misal kasus penculikan, penghilangan orang, dan kerusuhan Mei (1998). Sementara di Jokowi-nya juga nggak mau menyelesaikan kasus pelanggaran HAM,” kata dia.

“Jadi saya melihat, ngapain juga saya datang ke persidangan dan yang lagi bertarung adalah orang-orang yang melanggar HAM,” ujar Haris yang juga Direktur Lokataru ini.

Ia lantas menjelaskan bahwa yang semestinya memberikan kesaksian adalah eks Kapolsek Pasirwangi, Garut, AKP Sulman Aziz. Posisinya saat itu hanya sebagai pengacara dari Sulman.

Sulman sendiri menjadi pembicaraan publik karena sempat mengaku adanya penggalangan dukungan untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, meski pernyataannya itu dicabut kembali oleh Sulman sendiri.

“Menurut saya, yang tepat diperiksa sebagai saksi itu Sulman Aziz, karena saya posisinya sebenarnya dalam rangka memberi bantuan hukum saja ke Sulman Aziz waktu dia membongkar kasus itu,” kata Haris.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTak Banyak yang Tahu, Artis-Artis Ini Punya Suami Super Ganteng
Berita berikutnya11 Cara Mudah Hilangkan Karang Gigi, Semua Orang Pasti Bisa