Jelang Sidang MK, Wiranto Berusaha Cegah Mobilisasi Massa ke Jakarta


SURATKABAR.ID Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengaku pihaknya bakal melakukan upaya untuk mencegah datangnya massa dari daerah yang akan melakukan aksi pada  sidang sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bagaimana kita mencoba untuk melakukan suatu pencegahan mengalirnya massa ke Jakarta kan itu sudah kami lakukan dalam rangka mengamankan Jakarta. Itu terus menerus,” ujar Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin (10/6/2019), dikutip dari cnnindonesia.com.

Menurut Wiranto, ada warga yang mengajak saudaranya untuk ke Jakarta guna mencari kerja. Ia menyatakan jika fenomena tersebut tidak bisa ditampik.

Wiranto menyampaikan Polri dan TNI tetap siaga untuk mengantisipasi berbagai gangguan keamanan, salah satunya saat sidang sengketa hasil pemilu di MK.

“Namun aparat keamanan kita siapkan untuk tetap melakukan kesiagaan penuh untuk menjaga keamanan Ibu Kota dan juga keamanan kota-kota lain yang ada indikasi ada pengerahan massa,” ujar mantan Panglima ABRI (sekarang TNI).

Wiranto juga mengimbau pihak yang bersengketa tidak memobilisasi massa saat berlangsungnya sidang. “Proses hukum kan sedang berjalan. Proses yang sangat elegan, proses yang sangat terhormat dan bermartabat biar saja berjalan dulu,” ujar Wiranto.

Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana terkait permohonan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang telah didaftarkan kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Jumat (14/6/2019).

Prabowo-Sandi resmi mendaftarkan permohonan sengketa PHPU ke MK. Hanya saja pendaftaran ini tak langsung disampaikan oleh Prabowo-Sandi tetapi hanya diwakilkan tim hukum calon nomor urut 02 itu.

Pihak yang mewakili pendaftaran itu adalah Bambang Widjojanto, Denny Indrayana, Hashim Djojohadikusumo, Andre Rosiade, dan sejumlah tim dari Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTernyata Begini Sosok Ayah dari Andika Pratama yang Jadi Obrolan Netizen
Berita berikutnyaVanessa Angel Dikabarkan Pindah Agama, Ayahnya Beri Komentar Begini