Soenarko Ditahan, 300 Mantan Kopassus Dikabarkan Ingin Menjenguk


SURATKABAR.IDDitetapkannya mantan Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal (Purn) Soenarko sebagai tersangka menuai respon dari berbagai pihak. Karena Kecewa, mantan Kepala Badan Intelijen ABRI Mayor Jenderal (purn) Zacky Anwar Makarim menyebutkan jika pihaknya merasa khawatir dengan perkembangan keamanan Indonesia mendatang.

“Saya dua puluh tahun berdinas di Kopassus, saya terpanggil ada komandan jenderal Kopassus akan diadili soal makar,” kata Zacky saat menghadiri konferensi pers yang digelar tim kuasa hukum mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Mayjen (purn) Soenarko di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Jumat (31/5/2019), dikutip dari tempo.co.

Zacky mengklaim bahwa dirinya mendapatkan kunjungan dari ratusan purnawirawan Kopassus dari berbagai daerah. Ia mengatakan bahwa ada purnawirawan yang berasal dari generasi senior, yakni Trikora. Mereka, menurut Zacky, menyampaikan rasa risaunya terkait penahanan Soenarko.

“Ini ada (Mayor) Jenderal Heros Paduppai, kemarin dia bawa 60 orang dari Serang, yang mau datang 300 orang. Dia bawa nengok Soenarko,” kata Zacky.

Menurut Zacky, dirinya ikut menenangkan mereka yang datang beserta istri, lantaran pengunjung hanya dibatasi 80 orang. “Terpaksa saya bicara untuk menenangkan situasi. Mereka marah, ibu-ibu lebih marah lagi. Mau diapakan kami punya komandan-komandan ini. Jadi kehadiran saya ini adalah untuk menenangkan situasi,” ucapnya.

Mantan Ketua Satgas Panitia Penentuan Pendapat Timor Timur tersebut juga mengatakan jika dirinya mendapatkan informasi dari Aceh. Kata dia, para mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka menyatakan ingin datang membesuk Soenarko.

“Ini akan menjadi mematangkan situasi, tidak bagus, karena itu saya bilang tidak usah datang. Kami akan selesaikan, kami akan menghargai jalur hukum yang ada,” ujar Zacky.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTak Ikut Upacara Lahirnya Pancasila, PNS di Dearah Ini Terancam Dipecat
Berita berikutnyaNikah Beda Agama, Inilah Deretan Artis yang Setia Temani Pasangannya Jalani Puasa Ramadhan