Tak Ikut Upacara Lahirnya Pancasila, PNS di Dearah Ini Terancam Dipecat


SURATKABAR.ID1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Sebagai bentuk peringatan lahirnya Pancasila, pegawai negeri sipil diwajibkan untuk mengikuti upacara pada Sabtu 1 Juni 2019.

Seperti diwartakan viva.co.id, pemerintah Kabupaten Tangerang menyiapkan sanksi khusus bagi PNS yang kedapatan tidak mengikuti upacara peringatan lahirnya Pancasila.

“Tentu ada sanksi khusus bagi pegawai yang tidak ikut apel, sanksi terberatnya itu sampai penurunan atau pencopotan jabatan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia Pemkab Tangerang, Surya Wijaya, di Lapangan Maulana Yudha Negara, Tangerang.

Surnya menyatakan bahwa sanksi tersebut diberikan lantaran apel itu masuk dalam waktu masuk kerja PNS, dan sebelumnya telah diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo agar setiap PNS untuk menghadiri upacara.

“Sanksi kriterianya itu 46 hari tidak masuk kerja dan apel hari ini dihitung,  apabila dalam satu hari 24 jam, dia tidak apel dan melebihi dihitung hari jamnya,  bisa diturunkan pangkat atau diberhentikan. Itu sanksi berat, yang ringannya mulai dari potongan tunjangan dan teguran,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa ada pegawai yang sedang cuti dan mengikuti upacara peringatan lahirnya Pancasila di daerah lain. Hal itu diperbolehkan berdasarkan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2019.

“Mereka nanti tinggal lapor saja ke kita dengan berfoto lalu dikirim ke grup kantor dan dihitung sebagai absen masuk. Kita tentunya juga ada pegawai yang dari luar daerah hadir di upacara ini, tapi tidak terlalu dipantau oleh kita. Sementara, untuk kehadiran PNS Tangerang di upacara ini masih terus dihitung,” ungkap Surya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaKabar Duka, Ibu Ani Yudhoyono Meninggal Dunia
Berita berikutnyaSoenarko Ditahan, 300 Mantan Kopassus Dikabarkan Ingin Menjenguk