Usir Nyamuk, Semut, Lalat dan Kecoa dengan Berbekal Bahan Dapur Sederhana Berikut


SURATKABAR.ID – Menjelang hari raya Idul Fitri, rumah yang bersih dan rapi tentu perlu dipersiapkan agar ajang silaturahmi bersama keluarga menjadi semakin nyaman. Namun, rumah yang ditempati kadang kedatangan serangga kecil seperti semut, lalat, nyamuk hingga kecoa. Walau pun kecil, para serangga ini bisa mengganggu bahkan memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Mengutip Grid.ID, Jumat (31/05/2019), tak banyak yang tahu bahwa mengusir serangga yang mampir ke rumah bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur yang sederhana. Umumnya, kebanyakan orang akan mengandalkan obat-obatan atau racun serangga untuk menghempaskan hewan menyebalkan yang dianggap mengganggu itu.

Tapi, nyatanya obat-obatan itu tak selalu jitu mengusir berbagai jenis serangga ini dari rumah. Kini, ada beberapa cara alami untuk mengusir serangga tanpa menggunakan obat atau racun. Bahkan, Anda hanya membutuhkan sejumlah bahan dapur sederhana yang biasa dipakai untuk mengusir serangga selamanya.

1. Semut

Salah satu serangga yang paling membuat sebal adalah semut karena sering menjamah makanan dan membuat gatal. Daripada harus menyemprotkan banyak obat-obatan untuk mematikan semut, Anda bisa menggunakan cara alami untuk membuat semut tak datang lagi.

Caranya, taburkan bubuk kopi di area yang sering didatangi semut dan area yang diinginkan agar tak dijamah semut. Dengan begitu semut akan menghindari area tersebut karena efek aroma taburan bubuk kopi yang tidak mereka sukai.

Baca juga: Ladies, Ternyata 6 Rahasia Kecantikan Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Berpuasa

2. Kecoa

Serangga berwarna coklat ini memang menjijikkan. Kecoa sering muncul di tempat tak terduga, baik di kamar mandi dan di dalam rumah untuk mencari makan dan minum.

Cara mudah untuk mengusirnya hanya dengan menyiapkan daun salam secukupnya yang ditumbuk sampai halus. Setelah itu taburkan tumbukan daun salam di area yang sering disinggahi kecoa.

Niscaya kecoa pun tak akan tahan dengan aroma daun salam yang pekat dan menghindari tempat tersebut.

3. Laron

Laron juga merupakan salah satu serangga yang sering datang ke rumah yang sering terbuka saat malam. Serangga jenis ini datang lantaran mengincar cahaya lampu di dalam rumah.

Daripada mematikan lampu di rumah untuk mengusirnya, Anda bisa memakai cara alami tanpa harus gelap-gelapan sejenak.

Cukup ambil ember atau baskom berisi air bersih lalu letakkan di bawah sinar lampu duduk (disarankan memakai lampu belajar). Pantulkan cahaya lampu duduk pada ember yang berisi air bersih tadi, maka cahaya pantulan yang dihasilkan akan lebih terang.

Cara ini akan membuat laron menuju ke pusat cahaya yang lebih terang dan mereka pun terjebak di dalam air hingga tak bisa berterbangan lagi.

4. Lalat

Lalat juga sering membuat orang jengkel dan jiik, terlebih kalau mereka hinggap di makanan yang disajikan.

Ada banyak faktor yang membuat lalat sering datang ke rumah, baik dari kebersihan lingkungan atau aroma bahan masakan yang mengundang mereka datang.

Agar lalat jauh-jauh dari rumah dan tak hinggap di makanan, irislah daun pandan menjadi potongan kecil-kecil. Lalu letakkan potongan daun pandan tersebut di tempat yang sering dihinggapinya.

5. Tomcat

Selain mengganggu, tomcat juga berbahaya jika menyerang tubuh anak-anak dan orang dewasa.

Wujudnya memang kecil, tapi sekali menggigit tomcat akan meninggalkan rasa sakit dan gatal yang luar biasa.

Lantas, bagaimana caranya agar rumah bebas dari tomcat? Campurkan 1 kg daun mimba, 1 kg lengkuas dan 1 kg serai.

Setelah itu giling dan masukkan ke dalam 5 liter air dan biarkan selama 2 hari. Cairan itu bisa digunakan untuk menyemprot tomcat.

6. Nyamuk

Banyak cara untuk mengusir nyamuk tanpa menggunakan obat semprot serangga yang bisa berbahaya bagi pernapasan.

Salah satunya yakni dengan meletakkan kulit jeruk kering di ruangan yang diinginkan agar terbebas dari nyamuk.

Nyamuk akan menghindari ruangan itu karena tak suka dengan bau kulit jeruk. Selain itu, kulit jeruk akan membuat udara dalam ruangan lebih segar dan wangi.