Hibur Pemudik yang Istirahat di Alun-alun, Band Polisi Ciamis Mendadak Jadi Sorotan


SURATKABAR.ID – Selama mudik Lebaran 2019, Polres Ciamis menggelar panggung hiburan di Pos Pengamanan Alun-alun sejak H-6. Penampilan musik dari band yang beranggotakan personil polisi ini dapat menghibur para pemudik yang melintas di Jalur Selatan. Tak pelak, gelaran tersebut pun sukses jadi sorotan masyarakat.

“Ini bagian dari pelayanan Polres Ciamis kepada masyarakat dan para pemudik. Hiburan bagi yang mudik dan yang sedang beraktivitas ngabuburit,” papar Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, di Alun-alun Ciamis, Kamis (30/05/2019), demikian dilansir dari laporan Detik.com.

Bismo membeberkan, dengan panggung hiburan ini diharapkan bisa menarik dan menghibur pemudik untuk sejenak beristirahat. Perjalanan yang jauh tentu membutuhkan stamina yang kuat. Sehingga sangat disarankan para pengemudi yang mudik untuk melepas lelah saat melangsungkan perjalanan yang notabene jauh tersebut. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan yang diakibatkan oleh human error lantaran kecapaian.

Selain itu, musik merupakan salah satu sarana untuk membuat tubuh menjadi rileks dan santai.

“Jadi kepada pemudik sempatkan untuk beristirahat, dimana saja, kapan saja. Jangan memaksakan melanjutkan perjalanan bila kondisi tubuh lelah dan ngantuk,” tukasnya kemudian.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Cara yang Benar Mudik Naik Motor Sambil Bawa Barang

Lagu-lagu yang dibawakan oleh grup band polisi ini pun sangat beragam dan bervariasi. Mulai dari lagu lawas hingga lagu kekinian, semua ada. Yang menarik, para pemudik juga dipersilakan ikut bermain musik, atau sekadar ikut menyanyi bersama.

Sementara itu, beberapa fasilitas lainnya juga tampak disediakan, seperti air dan kopi.

“Panggung hiburan ini kami gelar setiap hari selama mudik, semua bisa menikmatinya,” imbuh Bismo menambahkan.

Ia juga menyampaikan, selama mudik ini kawasan alun-alun Ciamis menjadi salah satu pusat Posko Pengamanan. Di lokasi ini selain pos polisi, juga ada posko kesehatan, BPBD dan Posko masyarakat yang ikut membantu kelancaran mudik.

Pemudik bisa memanfaatkan pelayanan yang disediakan di kawasan Alun-alun Ciamis.

Di sekitar panggung hiburan, pemudik yang pulang kampung juga bisa memanfaatkan pijat refleksi gratis yang disediakan oleh pihak ketiga.

“Semua telah disiagakan, ambulans juga disiapkan untuk antisipasi. Insya Allah mudik Lebaran tahun ini berjalan aman dan lancar,” sambungnya mengimbuhkan.

Pada H-6 ini arus mudik yang melintas di Kabupaten Ciamis terpantau ramai namun lancar. Kendaraan yang melintas didominasi sepeda motor serta mobil pribadi asal ibukota dan sekitarnya.