Kurang Tidur Saat Ramadan Bikin Kantung Mata Tebal? Atasi dengan 7 Trik Sederhana Ini


SURATKABAR.ID – Kantung mata bisa muncul karena berbagai hal. Mulai dari retensi cairan, khususnya saat bangun tidur atau mengkonsumsi makanan asin, alergi, merokok, faktor keturunan, hingga kurang tidur. Seperti dikeluhkan banyak orang yang mengaku kantung mata membesar selama bulan Ramadan.

Namun tak perlu khawatir. Karena seperti dihimpun Detik.com dari Web MD pada Rabu (29/5/2019), ada beberapa cara mudah yang dapat membantu mengatasi kantung mata membandel karena kurang tidur di bulan puasa. Apa saja?

Kurangi Asupan Garam

Asupan garam ternyata dapat meningkatkan risiko retensi cairan dan membuatnya akan mengarah ke bagian-bagian tubuh yang memiliki lebih banyak kandungan sodium. Usahakan ketika berbuka dan sahur untuk mengurangi makanan dengan banyak kandungan garam.

Ubah Posisi Tidur

Baca Juga: Wow! Menambah Durasi Tidur Ternyata Punya Beragam Manfaat

Hati-hati, ternyata tidur menyamping atau tengkurap dapat membuat kantung mata membesar, loh. Pasalnya, gravitasi akan membuat cairan berkumpul di bawah mata dan membuatnya bengkak. Disarankan untuk tidur terlengang dan tambahkan bantal ekstra di bawah kepala.

Cuci Wajah Sebelum Tidur

Peraturan ini berlaku untuk pria maupun wanita. Mencuci wajah hingga bersih sebelum tidur sangat dianjurkan. Terutama bagi wanita yang sebelumnya mengenakan riasan. Makeup yang dibiarkan semalaman ternyata dapat membuat mata berair dan bikin kantung mata besar pada keesokan hari.

Lindungi Mata dari Sinar Matahari

Keluar rumah ketika matahari sedang terik dapat menyebabkan kulit sekitar mata melorot alias keriput. Pastikan Anda melindungi mata dari sinar matahari yang jahat dengan mengaplikasikan tabir surya, kacamata hitam atau topi.

Berhenti Merokok

Seperti yang diketahui merokok dapat membawa dampak buruk pada kulit, seperti menyebabkan kulit kendor dan kering. Nah, karena bulan puasa, tidak ada salahnya Anda coba belajar berhenti merokok. Dijamin kantung mata besar pun akan hilang perlahan.

‘Dinginkan’ Mata Anda

Jika kantung mata Anda terasa semakin menebal dan bengkak, solusi tepat adalah dengan mendinginkannya. Letakkan potongan timun dingin atau kantung teh bekas yang sebelumnya telah didinginkan di dalam kulkas. Mengompres dengan suhu dingin bisa meringankan kantung mata.

Aplikasikan Krim Mata

Gunakan krim mata untuk mengurangi pembengkakan pada kantung mata dan lingkaran gelap di sekitarnya. Anda bisa mencoba beberapa krim yang cocok dengan jenis kulit Anda. Dan pastikan ketika mengaplikasikannya dengan hati-hati, ya?