Absen di Pemakaman Arifin Ilham, Terkuak Alasan Ustaz Solmed Ternyata…


SURATKABAR.ID – Tak hanya bagi keluarga dan sahabat, duka atas kepergian pendakwah kondang Ustaz Arifin Ilham menjadi pukulan telak yang dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia di Penang, Malaysia, Rabu (22/5) malam.

Dihimpun dari laman Viva.co.id pada Rabu (29/5/2019), tepat satu hari setelahnya, Kamis (23/5), jenazah Ustaz Arifin Ilham bertolak dari Malaysia ke Indonesia guna dimakamkan di tempat peristirahatan terakhirnya di halaman Pesantren Az-Zikra Gunung Sindur, Bogor.

Sahabat, keluarga beserta ribuan jamaah terlihat mengikuti proses penyambutan jenazah, salat jenazah, hingga pemakaman sang pendakwah. Tak sedikit tokoh agama yang terpantau ikut datang. Salah satunya Ustaz Yusuf Mansur yang juga terpantau hadir di lokasi pemakaman Arifin Ilham.

Namun, dari sekian tokoh agama yang datang, ternyata ada satu sosok yang tidak memperlihatkan batang hidungnya. Padahal ia merupakan rekan almarhum Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Solmed. Dan mengenai alasan ketidakhadirannya tersebut, Ustaz Solmed pun buka suara.

Baca Juga: Mengenang Sosok Ustaz Arifin Ilham yang Tak Pernah Bersusah Hati Meski Digerogoti Kanker

“Waktu itu saya di Belitung, sehingga saya tidak bisa kembali ke Jakarta, karena pesawat terbatas. Esok harinya, saat beliau disalatkan, dimakamkan, saya saya kembali tidak bisa datang, karena harus memenuhi undangan di Provinsi Lampung,” terang Ustaz Solmed ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (28/5).

Ustaz Solmed kemudian mengaku sangat menyesal karena tidak dapat mendampingi Ustaz Arifin Ilham di akhir hidupnya. Akan tetapi ia menegaskan ikhlas dan akan senantiasa mendoakan almarhum.

“Saya pengin lihat wajahnya secara langsung, tetapi apa boleh buat, waktu dan kesempatan tidak diberikan oleh Allah. Insya Allah, doa yang kita panjarkan akan sampai pada beliau,” pungkas Ustaz Solmed.