Dulunya Anak Band, 6 Artis Ini Pilih Berhijrah dan Perdalam Ilmu Agama


SURATKABAR.ID – Sudah bukan rahasia lagi jika dalam dunia anak band, besar kemungkinan fans fanatiknya akan rela melakukan apa saja untuk mereka. Namun nyatanya, hingar-bingar ketenaran dan gemerlap dunia hiburan yang lekat dengan gaya hidup bebas itu tak serta-merta membuat para musisi menikmati ketentraman batin.

Menjadi terkenal dan digemari banyak orang justru malah membuat para musisi ini berusaha mencari ketenangan jiwa yang sesungguhnya; yakni kedamaian dan sukacita yang sejati. Sehingga tak heran jika di tengah usaha untuk menemukan ketenangan diri ini, banyak musisi tanah air yang akhirnya memilih untuk hijrah dan memperdalam ilmu agama.

Contohnya seperti keenam anak band berikut ini yang mantap berhijrah, dan memutuskan untuk memperdalam ilmu agama. Melansir Palembang.TribunNews.com, Selasa (28/05/2019), setelah berhijrah dan memperdalam ilmu agamanya, penampilan mereka mulai berubah hingga bahkan sosoknya jadi sulit dikenali.

Selain itu, mereka pun memilih kegiatan lain sesuai opsi hijrahnya dan lambat laun meninggalkan dunia hiburan.

Siapa saja mereka? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Baca juga: Membawa Berkah, 6 Artis Cantik Ini Tetap Tunaikan Puasa Ramadhan Meski Sedang Hamil

1. Uki NOAH

Uki menjadi personel kesekian dari band NOAH yang memutuskan untuk berhijrah dan memperdalam ilmu agama. Pria bernama Mohammad Kautsar Hikmat ini juga terlihat semakin religius, apalagi sang istri yakni artis cantik Metha Yunatria juga telah mantap berhijab.

Namun, dilansir dari TribunNews.com, penggemar band NOAH mulai merasa khawatir lantaran Uki kini makin jarang tampil bersama Ariel dan kawan-kawannya. Pasalnya, NOAH kini hanya sering tampil bertiga dengan Ariel, Lukman dan David sebagai personel mereka.

Banyak orang yang mengatakan Uki telah hengkang dari band NOAH, seiring keputusannya yang mantap untuk berhijrah.

Lalu apa kata Musica Studios selaku label yang menaungi band tersebut?

“Dari mana infonya. Dari kita enggak ada pernyataan seperti itu ya,” ucap Gangsar perwakilan Musica Studios.

“Iyes (masih bergabung di NOAH),”sambungnya lagi.

Sebelumnya, Uki sendiri sempat menunjukkan keresahan soal profesinya sebagai musisi pasca ia memutuskan untuk berhijrah.

“Perlahan saya mencari kebenaran, tentang profesi sih yang pasti yang selama ini bagian hidup saya. Secara langsung diperlihatkan Ustaz Syafiq soal kajian musik. Saya resah dan butuh pendalaman biar yakin,” tutur Uki NOAH berterus terang.

2. Derry Sulaiman

Kini lebih dikenal sebagai sosok ustadz, mungkin tak banyak yang tahu bahwasanya Derry Sulaiman dulunya adalah seorang anak band. Derry Sulaiman dulunya adalah seorang gitaris band metal bernama Betrayer.

Namun sekitar tahun 1998, hidayah menyapa pria bertubuh gempal ini. Derry yang mengaku sempat kesal setiap kali mendengar suara adzan, menemukan hidayah yang menuntutnya untuk berhijrah saat ia sedang berada di Bali.

“Ketika saya datang ke Bali ingin bermain musik, dan saya beranggapan di sana nggak ada adzan, justru di Bali saya mengenal Islam,” beber Derry.

Ia pun bercerita, “Saya tiga hari tiga malam dikurung di masjid dan nggak boleh keluar. Hari pertama itu berat sekali, karena hati sudah terpaut ke tempat hiburan, cafe, jadi rasanya sangat berat. Hari kedua mulai merasa nikmatnya masjid. Di hari ketiga, saya tahu tempat yang saya cari adalah Masjid,” ucap Derry Sulaiman yang kini lebih dikenal sebagai ustadz dan pendakwah.

3. Ivanka Slank

Menjadikan musik sebagai ladang dakwah juga dilakoni oleh Ivanka Slank setelah dirinya memutuskan berhijrah. Pria berkepala plontos ini memang masih aktif bersama Slank, meski ia telah memutuskan untuk berhijrah dan memperdalam ilmu agama.

Ivanka seolah ingin menepis ketakutan Slankers bahwa ia akan meninggalkan band ini pasca keputusannya berhijrah.

Pria bernama asli Ivan Kurniawan Arifin ini malah ingin menjadikan Slankers atau penggemar Slank sebagai ladang dakwah untuknya.

Kalo gue tinggalin Slank dan fokus ke agama, gue kehilangan ladang dakwah gue. Sementara mereka gak bisa diajak lebih baik dengan orang yang tiba-tiba datang pake gamis jenggotan. Ya siapa lagi kalo bukan kita-kita ini,” tutur Ivankablak-blakan, beberapa waktu lalu.

Menepati janjinya, Ivanka sendiri hingga kini masih setia bersama Slank meski ia telah berhijrah dan semakin memperdalam ilmu agamanya.

4. Yukie PAS Band

Musisi Yukie PAS juga menjadi salah satu anak band yang memutuskan memperdalam ilmu agama. Lepaskan image sangar dari dirinya, penampilan teduh Yukie kini menuai respon positif dari banyak orang.

Ada sebuah kejadian yang menjadi titik balik dalam hidup Yukie PAS band yang membuatnya mantap untuk berhijrah.

Pria bernama asli Yuki Arifin Martawidjaja ini mengaku sudah sejak lama ia berusaha untuk menemukan makna agama dalam hidupnya. Dan pasca mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu, ia seolah tersadar dan merasa itulah waktu yang tepat untuk dia semakin mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

“Tahun 2008 saya sudah cari-cari agama. Perasaan hidup saya bukan ini yang dikejar. Cari dunia, cari tabungan, cari ketenaran, kayaknya bukan ini. Kayaknya saya sudah salah. Batin sudah terganggu kayaknya salah,” tutur pelantun tembang Kesepian Kita ini.

“Tapi pecah-pecah itu setelah saya kecelakaan baru semua berubah. Kayak sebagai peringatan. Memang manusia ini harus dipaksa, manusia ini kan terlalu bebal, sombong ini kan emang sifat manusia, sombong bikin solusi sendiri,” ujar Yukie PAS Band menceritakan kisah hijrahnya ini.

5. Salman Al Jugjawy (Sakti) eks Sheila On 7

Bikin pangling dan makin sulit dikenali, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan sosok Sakti eks Sheila On 7 kini. Salah satu rekan band dari Duta Sheila On 7 ini memang telah lama memutuskan untuk hijrah. Bahkan ia rela keluar dari Sheila On 7 saat band asal Yogyakarta ini tengah jaya-jayanya.

Sakti sendiri lantas menuntut ilmu agama hingga ke luar negeri, dan kini ia pun berganti nama menjadi Salman Al Jugjawy.

Melansir Jabar.TribunNews.com (02/06/2018), penampilan sederhana dengan jubah dan jenggot lebat memenuhi wajahnya membuat sosok eks gitaris Sheila On 7 ini nyaris tak dikenali publik.

Pasca perubahannya yang membuat pangling banyak orang itu, Sakti memang semakin sulit dikenali.

Akan tetapi, meski pun telah hijrah dan memperdalam ilmu agama, Sakti tetap menyempatkan bermusik sebagai salah satu media dakwahnya.

“Walau saya sudah resign (keluar) dari grup musik Sheila On 7, namun saya masih tetap berkomunikasi dan bernostalgia dengan mantan rekan segrup Duta cs, apalagi ada kaitannya dengan saya membuat beberapa lagu religi, yang di antaranya satu tembang religi syairnya mirip lagu Sephia,” papar Sakti beberapa waktu yang lalu.

6.  Reza NOAH 

Jauh sebelum Uki memutuskan hijrah, salah satu personel band NOAH ada yang lebih dulu hijrah. Bahkan dirinya sampai rela memutuskan untuk hengkang dari band yang digawangi oleh mantan kekasih Luna Maya tersebut.

Dia adalah Ilsyah Ryan Reza, penggebuk drum di band NOAH yang memutuskan hengkang dari band tersebut, tak lama setelah ia memutuskan berhijrah.

Diakui Reza, dirinya  yang dulu sangat jauh dari agama. Ia bahkan mengaku jarang melaksanakan ibadah sholat 5 waktu.

Namun saat band Peterpan mengalami vakum lantaran Ariel terseret skandal video asusila dengan Luna Maya dan Cut Tari, Reza menemukan cahaya Ilahi yang menuntunnya untuk berhijrah.

“Dulu, saya salat itu enggak ada, enggak pernah. Kalau udah waktunya salat, saya malah main, aduh,” ungkap Reza eks NOAH menuturkan kisahnya.

“Kejadian awalnya (hijrah) tuh tahun 2010, pas Ariel lagi ada kejadian itu (kasus video asusila). Jadi, ada orang yang sering silaturahmi ke saya, kemudian saya tertarik, diajak 3 harian untuk beriktikaf. Nah, dari situ, saya jadi mulai tertarik dan keterusan. Karena, ini (agama) adalah sesuatu yang baru untuk saya. Sebelumnya, saya selalu jauh dari agama,” ucap Reza saat menceritakan pengalamannya berhijrah.