3 Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Salah Satunya Sering Diolah Jadi Takjil Favorit


SURATKABAR.ID – Buah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh terdapat dalam berbagai macam buah. Apalagi banyak buah juga bisa menyegarkan tubuh usai mengkonsumsinya.

Walaupun buah adalah makanan yang sehat, namun perlu memperhatikan waktu yang tepat mengonsumsinya. Jangan sampai mengalami masalah kesehatan karenanya. Apalagi di bulan puasa seperti ini. Kita harus lebih teliti lagi mengatur konsumsi buah ketika berbuka puasa. Karena ada beberapa buah yang harus dihindari saat berbuka puasa, karena bisa menimbulkan masalah pencernaan. Melansir dari liputan6.com, berikut ini adalah 3 buah yang tak boleh di konsumsi saat buka puasa.

1. Durian

Durian mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, tiamin, serta kalium. Tiap 100 gram, durian mampu memenuhi 7 % kebutuhan kalori harian. Namun durian harus dihindari untuk dikonsumsi saat buka puasa. Karena kandungan gas yang dimiliki durian bisa menyebabkan asam lambung naik. Hal ini karena perut kamu masih kosong setelah seharian berpuasa, jadi akan terasa sakit dan tidak nyaman bila mengonsumsinya.

Baca Juga: Langsung Makan Buah Saat Buka Puasa Ternyata Tak Dianjurkan

2. Jeruk Nipis

Walaupun terasa segar setelah meminumnya, jeruk nipis bisa menyebabkan masalah kesehatan saat dikonsumsi untuk berbuka puasa. Rasa asam pada jeruk nipis bisa  mengikis lambung dan memicu naiknya asam lambung. Apalagi bila ditambah dengan es, bisa membuat perutmu sakit.

3. Nangka

Nangka adalah buah buahan yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa, dengan rasa manis serta tekstur berair. Apalagi nangka mudah diolah dan cocok dimasukkan untuk berbagai olahan, seperti kolak. Namun, nangka bisa menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan. Seperti perut kembung, buang gas secara terus menerus, bahkan diare juga bisa disebabkan oleh konsumsi nangka ketika berbuka puasa.

Konsumsi langsung buah durian, nangka dan jeruk nipis bisa memicu kenaikan asam lambung karena perut kosongsetelah  seharian di bulan puasa. Jadi jangan langsung memakan ketiga buah tersebut untuk berbuka puasa. Alngkah baiknya konsumsi setelah perut terisi nasi.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Hindari 3 Buah Ini Untuk Menu Buka Puasa, Awas Bisa Sebabkan Berbagai Maasalah Pencernaan