Soal Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019, PM Ganteng Ini Ungkap Harapannya


SURATKABAR.ID – Hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 di 34 provinsi telah resmi diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (21/5) pukul 01.46 WIB. Adapun pengumuman tersebut dilakukan setelah digelarnya rapat pleno diskorsing selama 30 menit.

Dalam keputusannya, seperti yang dihimpun dari laman Liputan6.com, Sabtu (25/5/2019), KPU menyebutkan Pasangan Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin adalah pemenang Pilpres 2019 dari jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601.

“Pasangan Nomor Urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin 85.607.362 atau 55,55 persen dari total suara sah nasional. Pasangan Nomor Urut 02, 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional,” ungkap Komisioner KPU Evi Novita Ginting di Jakarta, Selasa (21/5) dini hari.

Merespons kemenangan Jokowi, sejumlah pemimpin dunia bergantian menyampaikan ucapan selamat. Salah satunya datang dari Perdana Menteri tampan Kanada, Justin Trudeau. Melalui akun media sosial Twitter miliknya, ia menyampaikan dirinya baru menghubungi Jokowi untuk memberi selamat.

Cuitan tersebut diunggah pada Jumat (24/5). Selain menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden RI, Trudeau juga sedikit menyinggung tentang kepentingan bersama dan harapan memperkuat ikatan ekonomi antar kedua negara.

Baca Juga: Ucapkan Selamat untuk Jokowi-Ma’ruf, Ini Harapan SBY

“PM Trudeau juga menyambut baik adopsi Indonesia atas Christchurch Call to Action yang disahkan di paris pada 15 Mei 2019. Juga berharap dapat bekerja sama memberantas konten teroris dan kekerasan online secara online,” demikian bunyi pesannya yang dimuat dalam situs resmi PM, pm.gc.ca, dikutip pada Sabtu (25/5) kemarin.

Guna memperluas kerja sama, kedua pemimpin negara ini mengindikasikan harapan untuk segera bertemu dalam waktu dekat.

Pesan Teruntuk Jokowi dari UnI Eropa

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker juga turut mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi untuk memimpin Indonesia selama 5 tahun ke depan.

Surat tertanggal 24 Mei 2019 tersebut disebarluaskan oleh European External Action Service yang dikutip dari laman EU News, Sabtu (25/5) kemarin.

“Atas nama Uni Eropa, kami ingin mengucapkan selamat kepada Anda dengan hangat, atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Republik Indonesia,” demikian sebagian isi surat dengan kop dari dua instansi tinggi di Uni Eropa, yakni Dewan dan Komisi Eropa.

Dalam surat tersebut, Indonesia diklaim sebagai mitra utama dalam politik, ekonomi, dan perdagangan Uni Eropa.

“Sebagai dua (entitas) demokrasi terbesar dunia, kita berharap dapat memperdalam kemitraan tersebut lebih lanjut. Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Eropa dan Indonesia yang ambisius adalah langkah besar dalam meningkatkan kesejahtaraan rakyat kita,” tutur Tusk dan Juncker.

Tak hanya ucapan selamat, surat bersama dari organisasi regional ini juga memuat sebuah harapan besar bagi pemerintahan baru Indonesia.

“Kami berharap kesuksesan bagi Anda dan pemerintahan Anda, serta berharap agar dapat terus bekerja sama tidak hanya secara bilateral, namun juga di dalam ASEAN, ASEM, G20 dan PBB, membangun komitmen kita untuk multilateralisme dan tatanan internasional yang berbasis aturan,” lanjut surat itu.