Menelusuri 5 Masjid Bersejarah di Pulau Jawa, Nomor 3 Paling Khas Indonesia


SURATKABAR.ID – Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat muslim. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tak heran kalau untuk menemukan masjid bukanlah hal yang sulit. Mulai dari pelosok desa hingga di kota metropolitan, masjid menjadi salah satu bangunan yang wajib ada.

Berbicara soal masjid, ternyata di beberapa wilayah terdapat masjid yang cukup bersejarah. Mulai dari asal muasal berdirinya, hingga kisah-kisah yang menyangkut keberadaannya, beberapa masjid di Indonesia disebut memiliki cerita unik.

Melansir dari LineToday.com, pada abad ke 11, agama Islam masuk ke Indonesia melalui para pedagang dari Gujarat, India. Penyebaran agama Islam di wilayah Indonesia, terjadi seiring dengan meningkatnya perdagangan antar pulau-pulau. Hingga pada akhir abad ke 16, mayoritas penduduk di Indonesia sudah memeluk agama Islam.

Bukti bahwa agama Islam sangat berkembang di Indonesia pada masa itu adalah, banyaknya masjid yang ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk juga di pulau Jawa. Menariknya, dari sekian masjid yang berdiri kokoh di Indonesia, ada lima masjid di Pulau Jawa yang memiliki sejarah unik dan menarik untuk diceritakan. Penasaran masjid apa saja? Yuk intip ulasannya!

Baca juga: Ladies, Ternyata 6 Rahasia Kecantikan Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Berpuasa

1. Masjid Sunan Ampel 
 

Terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur, Masjid Sunan Ampel didirikan oleh salah satu wali sembilan yaitu Sunan Ampel pada tahun 1421. Meski sudah mengalami beberapa kali pemugaran, namun masjid ini masih menjadi masjid bersejarah di Pulau Jawa.

2. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak terletak di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Di masa lampau kabarnya masjid ini menjadi tempat pertemuan dari para Walisongo. Tak heran kalau sampai saat ini Masjid Demak masih menyimpan sejarah yang begitu kental.

3. Masjid Kudus

Terletak di kabupaten Kudus, Jawa Tengah, masjid ini dibangun pada tahun 1549 Masehi atau 956 Hijriah. Pendiri dari masjid ini adalah Sunan Kudus yang merupakan salah seorang Walisongo.

Uniknya, bangunan pada masjid ini memadukan konsep budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddha.

4. Masjid Banten

Masjid ini dibangun pada tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama dari kesultanan Banten.

5. Masjid Mantingan

Lekat dengan bangunan khas rumah joglo Jawa, masjid yang terletak di di desa Mantingan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini dikenal sebagai tempat untuk menyiarkan agama Islam.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Mengintip 5 Masjid Bersejarah di Pulau Jawa, Ada yang Punya Cerita Unik!!