Dorongan Ingin Pipis Usai Sahur Meningkat, Ternyata Harus Diwaspadai Jika…


SURATKABAR.ID – Setelah bersantap sahur sebelum menjalani puasa sehari penuh, tak sedikit dari kita yang merasakan desakan untuk buang air kecil jadi lebih sering datang. Pernah mengalaminya? Hal ini terjadi terutama karena kita banyak minum dengan maksud agar kuat dan tak mudah haus saat puasa.

Sebenarnya normalkah hal ini, dan apa sih yang menjadi penyebabnya?

Fenomena kencing usai banyak minum air di saat makan sahur, seperti yang dikutip Detik.com dari Live Strong pada Kamis (23/5/2019), ternyata merupakan sesuatu yang normal terjadi. Kondisi ini menandakan ginjal kita bekerja sebagaimana seharusnya.

Ketika seseorang banyak mengonsumsi air jauh melebihi dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, maka ginjal akan berupaya menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh agar tak menjadi terlalu encer. Caranya adalah dengan memproduksi ekstra urine.

Namun ada yang harus diwaspadai, yakni jika dorongan buang air kecil muncul setelah Anda mengkonsumsi kopi atau teh. dr Purwita, SpPD-KGer, dalam seminar publik yang digelar di aula Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan fenomena tersebut.

Baca Juga: Waduh! Tiga Minuman Favorit Banyak Orang Ini Ternyata Harus Dihindari Saat Santap Sahur

Ia menegaskan bahwa dua minuman favorit banyak orang ini bukan jenis minuman yang cocok disantap saat sahur. Alasannya, kedua minuman ini memiliki sifat diuretik alias merangsang buang air kecil berlebihan.

“Jadi selama puasa bisa-bisa banyak cairan yang terbuang,” jelas dr Purwita beberapa waktu yang lalu.

Untuk memastikan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh tidak kurang dan berlebihan, dianjurkan untuk mempelajari kebiasaan minum air putih dengan cara sehat di bulan puasa. Seperti yang direkomendasikan para ahli, sebaiknya minum air putih dengan formasi 2-4-2.

Dari formasi tersebut artinya, 2 gelas ketika santap di waktu buka puasa. Lalu 4 gelas usai berbuka sampai sebelum waktu tidur malam. Dan terakhir 2 gelas ketika sahur hingga tiba waktunya berpuasa.