Begini Cara Mudah Bikin Teh Talua yang Nikmat Menyehatkan, Cocok Untuk Buka Puasa


SURATKABAR.ID – Di saat puasa, banyak sekali berbagai makanan khas yang muncul. Tak hanya makanan, beragam minuman pun juga dijual. Di Indonesia sendiri setiap daerah bahkan memiliki minuman dan makanan khas sendiri-sendiri. Beberapa makanan khas daerah bahkan sudah diakui kelezatannya oleh dunia. Salah satunya adalah masakan rendang dari Padang.

Selain rendang, ternyata masih banyak kuliner khas dari tanah Minang. Jangan ditanya soal kelezatannya karena kelezatannya tidak bisa diragukan lagi. Satu di antaranya adalah teh telur atau lebih dikenal dengan sebutan teh talua. Minuman ini adalah salah satu minuman legendaris untuk masyarakat Minangkabau.

Minuman ini memang agak unik, yaitu dengan mencampurkan telur dalam proses pembuatannya. Mereka mencampurkan telur karena dipercaya dapat menghangatkan suhu tubuh. Teh talua  sendiri sering dinikmati saat pagi hari sebagai teman sarapan atau saat malam hari ketika suhu mulai dingin. Selain itu, teh talua bisa  meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh ketika lelah beraktivitas.

Melansir dari Brilio.net, untuk menu buka puasa hari, yuk persiapan bikin teh talua yang enak dan menyehatkan.

Baca juga: Usir Lemas, 3 Minuman Ini Bisa Membuat Puasamu Makin Kuat Seharian

Bahan-Bahan:

1. 1 butir telur ayam,
2. 1 sdm gula pasir,
3. 2 sdm susu kental manis,
4. Jahe secukupnya,
5. 1 bungkus teh celup.

Cara Membuat:

1. Bersihkan jahe dari kulitnya lalu geprek. Panaskan air sampai mendidih lalu rebus jahe bersamaan dengan teh celup. Tunggu hingga air berubah warna menjadi pekat dan aroma jahe sudah keluar.

2. Sambil menunggu rebusan teh dan jahe, pisahkan kuning telur lalu campur dengan gula serta susu kental manis.

3. Kocok hingga semua bahan tercampur dengan merata, jika kesulitan mengocok kamu bisa menggunakan bantuan hand mixer.

4. Setelah kocokan susu, gula dan telur telah siap lalu campurkan air rebusan teh dan jahe yang telah mendidih. Teh talu siap disajikan dengan potongan jeruk nipis. Selamat mencoba ya, semoga puasa Kamu senantiasa berkah!

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Yuk Bikin Teh Talua yang Nikmat Banget Buat Menu Buka Puasa Kamu Hari Ini