Cegah dan Obati Sembelit Saat Puasa dengan 4 Langkah Aman dan Mudah Ini


SURATKABAR.ID – Terkena sembelit saat puasa bisa terjadi karena kurangnya asupan cairan, jadwal makan yang berubah, dan kurannya konsumsi makanan berserat. Selain itu, orang cenderung mengurangi aktivitas fisik selama bulan puasa. Hal ini juga turut meningkatkan risiko terjadinya sembelit.

Nah ada beberapa tips untuk mengatasi sembelit saat puasa. Melansir dari alodokter.com, berikut ini patut anda coba lakukan.

1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama menjalankan ibadah puasa sangatlah penting. Ini bisa bisa membantu mencegah serta meredakan sembelit, melancarkan pencernaan, hingga mencegah dehidrasi.

Minumlah air putih minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Agar porsi tersebut terpenuhi. Untuk memudahkannya, aturlah jadwal minum selama puasa, yaitu 2 gelas saat sahur dan 6 gelas saat berbuka puasa hingga sebelum sahur.

2. Perbanyak Asupan Berserat

Baca Juga: Ingin Turunkan Berat Badan Selama Puasa? Tak Bisa Sembarangan, Ternyata Ini Rahasianya

Konsumsilah makanan-makanan kaya serat, terutama ketika sahur. Selain untuk mencegah dan meredakan sembelit, asupan kaya serat bisa menghalau rasa lapar ketika berpuasa. Ini karena makanan berserat dicerna lebih lambat, sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

Kebutuhan serat harian adalah 25-30 gram, asupan serat bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah, sayur, kacang, dan biji-bijian utuh. Buah apel, pisang, roti gandum, dan brokoli bisa dijadikan pilihan menu untuk sahur atau berbuka puasa.

3. Olahraga Ringan

Olahraga ringan juga bisa membantu mencegah serta meringankan sembelit, karena aktivitas fisik bisa merangsang usus untuk bergerak lebih aktif sehingga dapat memudahkan proses BAB. Namun, alangkah baiknya menghindari melakukan olahraga yang berat karena menguras tenaga ketika berpuasa. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan saat puasa diantaranya adalah dengan jalan santai, yoga, atau latihan peregangan.

4. Mengatasi Sembelit dengan Obat Pencahar

Ini adalah opsi terakhir, apabila sembelit saat puasa tidak berhasil diatasi dengan berbagai cara-cara di atas, maka anda bisa menggunakan obat pencahar atau laksatif untuk bisa melancarkan buang air besar.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: 4 Langkah Atasi Mencegah dan Mengobati Sembelit Saat Puasa, Mudah dan Aman