Jarang Diketahui, Ternyata Ini Cara yang Benar Mudik Naik Motor Sambil Bawa Barang


SURATKABAR.ID – Tak terasa kurang lebih dua minggu lagi Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia akan lengang. Sudah menjadi pemandangan setiap tahun sebagian penduduk ibu kota akan pulang kampung untuk merayakan Lebaran bersama sanak dan kerabat.

Transportasi yang mereka gunakan untuk mudik pun bermacam-macam. Mulai dari transportasi umum, namun tidak sedikit juga yang memilih lebih nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi. Cukup banyak pemudik yang melakukan ritual tahunan ini dengan mengendarai sepeda motor.

Meski ukuran sepeda motor terbilang kecil, namun keterbatasan ini tak serta merta menyurutkan para pemudik membawa barang sangat banyak. Tak jarang mereka menambahkan alat khusus di bagian belakang sepeda motor yang digunakan untuk menaruh barang-barang bawaan.

Padahal, seperti yang dilansir dari laman Viva.co.id pada Jumat (17/5/2019), Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu menilai hal tersebut sangat berisiko dan bisa membahayakan si premotor itu sendiri. Ia bahkan mengimbau agar kebiasaan itu tak dilakukan.

“Tidak menambahkan kayu pada bagian belakang motor untuk menyangga barang bawaan. Karena dapat mengganggu kestabilan sepeda motor dan mengganggu pengendara lainnya,” jelas Jusri ketika ditemui di Jakarta pada Jumat.

Baca Juga: Jadi Tradisi Rutin Saat Lebaran, Sudah Tahu Asal-Usul Mudik? Kamu Ngga Akan Nyangka!

Sebenarnya seperti apa sih, cara mudik yang dianjurkan ketika menggunakan motor dengan membawa barang?

Jusri kemudian mengatakan, jika pe motor tetap ingin membawa barang sebaiknya menggunakan sidebag dengan lebar yang tak sampai melebihi setang motor. Apabila barang bawaan tersebut memang cukup berat, sangat disarankan untuk tidak mengendarai motor terlalu kencang.

“Dari segi hukum, penambahan kayu untuk menambah kapasitas barang bawaan itu tidak boleh. Sangat berbahaya. Kalau mau bawa barang yang banyak, dikirim lewat ekspedisi saja,” pungkas Jasri dengan tegas.

Nah, sudahkah Anda mulai bersiap-siap barang apa saja yang akan dibawa mudik ke kampung halaman nanti? Pastikan untuk tidak terlalu banyak membawa barang, ya.