Dibangun di Perut Bumi, Deretan Masjid Bawah Tanah di Indonesia Ini Punya Arsitektur yang Bikin Decak Kagum


SURATKABAR.ID – Tinggal menghitung hari dan kita akan menjalankan ibadah puasa. Saat puasa, masjid menjadi sangat ramai karena menjadi pusat kegiatan ibadah, mulai dari tarawih hingga tadarus. Berbicara tentang masjid, banyak sekali masjid yang unik di Indonesia. Tak hanya desainnya, bahan bangunan tetapi masjid-masjid ini ternyata dibangun dibawah tanah.

Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia memiliki sejumlah masjid yang dibangun di bawah tanah. Melansir dari brilio.net, inilah deretan masjid yang dibangun di bawah tanah.

1. Masjid Baabul Munawwar.

Masjid Baabul Munawar adalah sebuah masjid yang dibangun dengan kedalaman yakni 1.760 meter di bawah permukaan tanah. Masjid ini terletak di kawasan pertambangan PT Freeport Papua, masjid tersebut bisa menampung 250 jamaah.

Masjid Baabul Munawwar diresmikan bulan Juni 2016 lalu sebagai fasilitas untuk  para pekerja tambang untuk melaksanakan ibadah salat lima waktu. Uniknya, tempat ini bersebalahan dengan Gereja Oikumene Soretia yang juga dibangun di bawah tanah.

Baca Juga: Penuh Daya Tarik, Inilah Deretan Keunikan Masjid Ramlie Musofa yang Bikin Turis Manca Datang Belajar Islam

Untuk kebutuhan udara di bawah tanah, Masjid Baabul Munawwar dilengkapi dengan teknologi sirkulasi udara. Masjid ini mendapatkan rekor MURI sebagai masjid terdalam di Indonesia.

2. Masjid Aschabul Kahfi.

Di Kota Tuban, Jawa Timur ada sebuah masjid bernama Masjid Aschabul Kahfi. Masjid yang dibangun pada 2002 ini berada di dalam perut bumi. Tempat ini awalnya sebuah goa yang dipergunakan untuk pembuangan sampah. Seorang pemuka agama bernama KH Shubhan Al Mubarak mempunyai inisiatif  mengubah tempat tersebut sebagai tempat ibadah dan  pesantren.

Untuk memasuki area masjid, terlebih dahulu jamaah harus melewati tangga dari pintu masuk yang menghubungakan antara bangunan utama masjid. Karena bekas goa, stalagmit dan stalagtit bisa kita lihat di bagian dinding dan atap masjid.

3. Masjid Sumur Gumuling.

Masjid Sumur Gumuling berada di kompleks wisata Tamansari, Yogyakarta. Masjid ini sangat unik karena dibangun di bawah tanah, masjid ini dikelilingi bangunan melingkar yang difungsikan sebagai benteng pertahanan. Bangunan masjid tidak memiliki atap dan dibiarkan terbuka. Masjid ini adalah masjid peninggalan Sri Sultan Hamengkubawaw I yang didirikan tahun 1765. Sejak tahun 1812, bangunan masjid ini tak lagi difungsikan menyusul dibangunnya Masjid Gedhe Kauman.

4. Masjid Goa Muhammad.

Masjid Goa Muhammad terletak di bawah bangunan Masjid Agung Wisnu Manunggal di Kecamatan Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur. Untuk memasuki Masjid Goa Muhammad, jamaah terlebih dahulu melewati sebuah gapura yang memiliki tangga menuju area bawah tanah.

Tangga tersebut melewati lorong sempit yang mengantarkan menuju kedalaman 7 meter di bawah tanah. Masjid Goa Muhammad kerap dimanfaatkan sebagai tempat menenangkan diri para jamaah. Karena kondisi di bawah tanah sangat tenang bahkan tak terdengar suara apapun.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Masya Allah, 4 Masjid di Indonesia Ini Dibangun Diperut Bumi