Ingin Turunkan Berat Badan Selama Puasa? Tak Bisa Sembarangan, Ternyata Ini Rahasianya


SURATKABAR.ID – Ramadan, bulan penuh berkah bagi umat Muslim telah tiba. Puasa, bagi yang menjalankannya memberikan banyak manfaat. Mulai dari belajar mengendalikan diri, mensyukuri apa yang dimiliki, ajang mengumpulkan amalan baik, hingga waktu yang tepat untuk menurunkan berat.

Menurut banyak penelitian, puasa di bulan Ramadan terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah membantu menurunkan kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol, hingga menurunkan tekanan darah.

Juga ada penelitian yang menyebut jika berpuasa di bulan Ramadan sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes ringan hingga sedang (tanpa insulin), obesitas, bahkan tekanan darah tinggi. Tak sedikit orang yang memanfaatkan Ramadan untuk menurunkan berat badan.

Alasan Ramadan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan, seperti dirangkum dari laman JPNN.com pada Senin (13/5/2019), hakikat yang paling penting adalah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dari kalori yang dibuang.

Kalori yang masuk didapat tubuh dari makanan yang dikonsumsi, sementara kalori yang dibuang didapatkan setelah tubuh melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga: Selalu Ramai Jamaah! 5 Masjid Ini Sajikan Takjil Istimewa Selama Ramadan

Itulah mengapa pengaturan makanan dalam diet untuk menurunkan berat badan denan cara membatasi asupan kalori sangat penting. Dan untuk mendukung upaya tersebut, olahraga atau aktivitas fisik tidak boleh diabaikan. Dengan begitu jumlah kalori yang dibuang pun meningkat.

Di bawah ini adalah alasan mengapa puasa sangat baik untuk mengurangi berat badan berlebih:

1. Jam Makan Berkurang

Menahan nafsu makan adalah satu hal yang paling berat untuk dikendalikan ketika kita menjalani program diet menutunkan berat badan. Untuk bisa sukses melakukannya butuh motivasi kuat. Nah, ketika berpuasa, kita tidak punya pilihan lain untuk menekan selera makan.

2. Bantu Memperbaiki Sensitivitas Insulin

Ada banyak hal yang menyebabkan kegemukan. Salah satunya adalah insulin resistan alias kurang sensitif. Padahal ketika beredar di dalam tubuh gula seharusnya segera ditangkap oleh insulin. Namun karena kondisi tersebut, insulin tak menyadari ada gula di dekatnya sehingga tak menangkapnya.

Hal tersebut mengakibatkan proses penyimpanan gula dalam bentuk glukosa pun menjadi tak optimal. Dan hasilnya adalah Anda akan terus merasa lapar dan selalu ingin makan. Selain itu asupan gula yang berlebih akan disimpan dalam bentuk lemak. Ini mengakibatkan kegemukan.

3. Meningkatkan Motivasi Kita untuk Turunkan BB

Program penurunan berat badan yang sukses baru bisa terlaksana karena ada motivasi sangat kuat di dalamnya. Ketika puasa, kita terpaksa mengurangi jam makan. Jadi mau tidak mau, karena jam makan yang terbatas, kita pun otomatis mengurangi porsi dan jam makan.

4. Memudahkan Proses Pembakaran Lemak

Kelaparan akan menyebabkan perubahan metabolisme. Saat kita berpuasa, pada jam tertentu tubuh mengeluarkan sinyal lapar yang menunjukkan kadar glukosa dalam tubuh berkurang. Namun karena belum tiba waktu berbuka, kita pun mengabaikan sinyal lapar tersebut.

Akibatnya, tubuh pun menggunakan bahan bakar lain, yakni lemak. Karena cadangan bahan bakar berupa lemak digunakan, tumpukan lemak di tubuh pun akan berkurang yang secara langsung menurunkan berat badan.

Berpuasa di bulan suci Ramadan memang sangat banyak manfaat. Tak hanya bagi mental dan spiritual, namun juga untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang ingin menyingkirkan berat badan berlebih, momen puasa bisa menjadi waktu terbaik. Tapi perlu diingat, jangan niatkan puasa untuk turunkan berat badan, ya? Karena puasa sejatinya merupakan hubungan spiritual antara hamba dan Sang Pencipta.