Hayo yang Suka Sahur Pakai Mie Instan, Hati-Hati! Ini Dampaknya bagi Tubuh Anda


SURATKABAR.ID – Selama menjalani ibadah puasa Ramadhan, sahur menjadi serangkaian ibadah yang bernilai pahal. Meski hanya sekedar makan di malam hari, namun sahur tetaplah harus memperhatikan aturan kesehatan agar tubuh bisa dengan lancar menjalankan ibadah puasa di siang hari.

Sayangnya, selama ini masih banyak yang beranggapan kalau makan sahur hanya sekedar untuk menggugurkan kewajiban. Beberapa orang bahkan ada yang masih memilih mie instan sebagai menu makan sahur mereka.

Alih-alih lebih cepat tersaji dan juga memiliki ragam aneka rasa, nyatanya makan sahur dengan menyantap mie instan bukanlah hal yang dianjurkan. Beberapa pakar kesehatan bahkan ada yang melarang mengonsumsi mie instan saat sahur. Kenapa??

Melansir dari health.com, makanan yang diawetkan seperti mi instan mengandung nutrisi rendah. Sebaiknya dihindari makan yang tidak mengandung serat saat sahur, termasuk mi instan.

Baca Juga: Galau Hadapi Bulan Ramadan Saat Menyusui? Ini Tips Aman Berpuasa untuk Ibu Baru Melahirkan

”Tubuh akan tidak lapar dan lemas, jika kita konsumsi jenis makanan berbahan serat, seperti buah, sayur dan gandum, makanan seperti ini lebih lama tinggal di dalam lambung,” terang beberapa pakar kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber.

Menurut penelitian, mi instan memiliki kandungan sodium dan karbohidrat rafinasi yang cukup tinggi. Karbohidrat rafinasi adalah jenis karbohidrat yang melewati banyak proses pengolahan hingga jadi makanan. Proses tersebut akan menghilangkan berbagai komponen karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Intinya, karbohidrat rafinasi hanyalah butiran halus yang kandungan gizinya semakin menipis akibat pengolahan yang panjang. Lebih dari itu, sebagian besar mi instan juga diketahui mengandung lebih dari 1.100 miligram sodium.

Jumlah tersebut mendekati setengah dari maksimum sodium yang harus dikonsumsi setiap hari. Artinya, jika terlalu banyak mengonsumsi sodium dalam sekali makan mi instan, maka tubuh bekerja lebih keras dan cenderung mudah merasa haus.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa para pakar kesehatan tidak menyarankan untuk makan sahur dengan mie instan. Pasalnya, jika terpaksa harus makan mie instan maka setidaknya harus dicampur dengan sayur yang berserat.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Masih Suka Makan Mie Instan Saat Sahur? Hindari dari Sekarang, Ternyata ini Akibatnya!!