Selalu Ramai Jamaah! 5 Masjid Ini Sajikan Takjil Istimewa Selama Ramadan


SURATKABAR.ID – Ramadan dinanti tak hanya karena merupakan bulan spesial yang diselimuti kebaikan. Namun juga lantaran kita bisa mendapati aneka menu berbuka istimewa legendaris yang hanya disajikan di bulan puasa saja.

Setiap masjid memiliki menu takjilnya sendiri-sendiri yang bikin jamaah berbondong-bondong datang dan bahkan rela mengantri panjang. Dari Masjid Raya Aceh hingga Yogyakarta, apa saja menu unik yang hanya bisa kita cicipi di bulan Ramadan?

Dilansir dari laman Detik.com pada Minggu (12/5/2019), jika di Masjid Baiturrahman Aceh Anda bisa menikmati bubur kanji rumba, berbeda di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta yang memanjakan jamaahnya dengan menu gulai kambing. Lantas bagaimana di masjid-masjid raya di Indonesia lainnya?

1. Masjid Baiturrahman Aceh

Masjid megah yang berdiri di Banda Aceh ini tak pernah sepi jamaah selama Ramadan. Tak sedikit warga yang sengaja datang demi seporsi sajian berbuka puasa yang tak hanya khas, namun juga legendaris, yaitu kanji rumbi.

Takjil khas Aceh ini berupa bubur nasi yang diolah bersama aneka rempah. Semakin nikmat jika menyantap hidangan ini bersama daging ayam dan udang. Sepanjang Ramadan, Anda bisa menjumpai bubur kanji rumbi ini setiap hari.

Baca Juga: Bahaya! Ini Efek yang Dirasakan Tubuh Jika Anda Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa

2. Masjid Raya Al Mashun Medan

Kalau di Masjid Raya Medan ini berbeda lagi. Setiap harinya selama bulan Ramadan masjid ini menyiapkan 1.000 porsi bubur pedas. Makanan inilah yang menjadi menu berbuka puasa selama turun-temurun di Medan.

Pengurus masjid sudah mulai mengolah bubur sejak siang hari menggunakan kuali berukuran super besar. Jika Anda ingin mencicipi menu khas ini, harus datang mulai pukul 16.00. Bubur dengan rasa gurih berkat campuran berbagai bumbu ini bisa Anda nikmati secara cuma-cuma.

3. Masjid Darussalam Solo

Bubur samin adalah menu takjil yang selalu diburu masyarakat Solo setiap kali datang Ramadan. Bubur yang diolah menggunakan campuran minyak samin ini menawarkan cita rasa yang lebih nikmat. Setiap hari pengurus masjid hanya menghidangkan 1.000 porsi bubur.

4. Masjid Pekojan Semarang

Anda bisa mencicipi menu legendaris jika ikut berbuka di masjid ini. Sejak 100 tahun lalu, pengurus masjid rutin menghindangkan bubur India yang gurih dan bercita rasa khas selama bulan puasa. Dalam sehari masjid ini menyiapkan lebih dari 200 bubur yang diolah dengan aneka bumbu serta rempah.

5. Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Bagi masyarakat Kota Gudheg, Masjid Gedhe Kauman di Yogyakarta adalah tempat istimewa. Pasalnya jamaah masjid bisa menyantap takjil lezat yang berbeda setiap buka puasa. Dan khusus hari Kamis, pengurus masjid menghidangkan menu gulai kambing spesial.

Gulai kambing sudah menjadi menu rutin yang sengaja dihidangkan demi membahagiakan para umat Muslim yang telah seharian penuh telah menjalani ibadah puasa. Menu gulai kambing ini mulai dibagikan secara gratis jelang waktu buka puasa.