Bahaya! Ini Efek yang Dirasakan Tubuh Jika Anda Langsung Merokok Saat Berbuka Puasa


SURATKABAR.ID – Apa yang pertama Anda cari ketika masuk waktu berbuka puasa? Kebanyakan tentu akan meraih air mineral, teh, es sirup, atau kolak untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Namun tidak demikian dengan perokok yang memilih merokok untuk membatalkan puasanya.

Padahal langsung merokok ketika buka puasa sangatlah tidak disarankan mengingat rokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Mulai dari ganggaun pernapasan, jantung, stroke, kerusakan gigi dan tulang, stres, cemas dan tak terhitung lagi banyaknya masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan rokok.

Ada lebih dari 4 ribu bahan kimia yang terkandung dalam rokok sangat membahayakan tubuh. Mikotin, tar, karbon monoksida, gas oksidan, dan benzene hanyalah sebagian kecil saja. Dan berikut ini adalah efek negatif dari langsung merokok ketika buka puasa, dilansir dari JPNN.com, Sabtu (11/5/2019):

Agar Anda yang masih berat meninggalkan kebiasaan merokok tak semakin jauh tenggelam dalam lingkaran dampak berbahaya dari rokok, Anda wajib mengetahui macam-macam risiko dari langsung merokok ketika berbuka puasa. Apa saja itu?

Baca Juga: Bisa Mengancam Nyawa, Makanan Ini Terbukti Lebih Berbahaya Ketimbang Rokok

Risiko pertama dari merokok saat berbuka puasa adalah dapat mengurangi nafsu makan. Belum lagi ditambah risiko lain yang datang jika Anda merokok dalam keadaan perut masih kosong, di mana hal tersebut akan berpotensi menimbulkan rasa mual hingga muntah.

Merokok saat buka puasa juga menyebabkan semua kandungan berbahaya yang ada di dalam rokok semakin mudah terserap oleh tubuh hingga bisa menimbulkan efek dan gangguan lain bagi kesehatan tubuh Anda.

Siapapun tahu jika setelah seharian menjalani ibadah puasa, tubuh sangat memerlukan asupan cairan, glukosa, dan oksigen. Sementara itu, jika Anda merokok saat berbuka justru akan mengganggu aliran peredaran darah. Akibatnya adalah, tubuh tak akan mendapatkan asupan yang memadai saat buka.

Efek nikotin yang masuk dalam kondisi perut masih kosong akan langsung menuju otak. Hal ini dapat menimbulkan sakit kepala. Selain itu, merokok dalam perut kosong juga akan memicu batuk yang diakibatkan oleh iritasi pada saluran pernapasan.

Terakhir adalah, ternyata merokok saat buka puasa menyimpan bahaya yang jauh lebih besar bagi sistem saraf dan paru di tubuh Anda ketimbang merokok pada hari-hari biasa. Karena itu, sebaiknya perhatikan asupan makanan dan minuman yang dibutuhkan tubuh setelah seharian berpuasa, ya?