Tak Disangka, Ini Risiko Minum Air Rendaman Biji Ketumbar Setiap Hari bagi Tubuh


    SURATKABAR.ID – Biji ketumbar merupakan rempah sekaligus bumbu dapur yang punya rasa khas. Aromanya yang wangi bisa menambah cita rasa masakan. Dan ternyata biji ketumbar juga dapat diambil manfaatnya sebagai obat beberapa penyakit.

    Seperti yang dirangkum dari laman JawaPos.com pada Sabtu (11/5/2019), ketumbar merupakan gudangnya kalium, zat besi, Vitamin A, K, dan juga C. Di dalam ketumbar juga terkandung asam folat, magnesium, hingga kalsium dalam jumlah besar.

    Kandungan-kandungan di dalam ketumbar itu disebut-sebut terbukti bisa membantu menyingkirkan berbagai keluhan kesehatan. DIlansir JawaPos.com dari Style Craze, dengan rutin meminum air rendaman atau rebusan biji ketumbar terbukti manjur mengobati penyakit-penyakit ini:

    1. Obat Gangguan Pencernaan

    Biji ketumbar dan daun ketumbar segar ternyata efektif menjaga kesehatan sistem pencernaan. Rendamlah segenggam biji ketumbar dalam air dan biarkan seharian. Saring dan minum airnya ketika perut masih dalam kondisi kosong. Untuk menyebmbuhkan gangguan pencernaan, minum setiap hari.

    Baca Juga: Jarang Dipraktekkan! Rutin Minum Air Rebusan Daun Salam, Lihat yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda

    Ternyata biji ketumbar memiliki sifat antioksidan yang tinggi, ditambah lagi dengan serat makanan dalam jumlah banyak, membuatnya dapat membantu meningkatkan fungsi hati serta menfasilitasi pergerakan usus.

    Selain itu ketumbar juga bisa membantu dalam produksi enzim pencernaan yang dapat memudahkan proses pencernaan. Bagi Anda yang menderita gangguan pencernaan atau perut kembung, tambahkan biji ketumbar dalam makanan yang akan Anda konsumsi.

    2. Obat Pilek dan Flu

    Untuk menjaga daya tahan tubuh dari virus flu, Anda bisa menambahkan biji ketumbar dalam makanan. Atau Anda cukum meminum air rendamannya. Dengan kandungan Vitamin C yang merupakan antioksidan, ketumbar sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit.

    Tak hanya itu, ketumbar juga diperkaya banyak vitamin esensial, mulai dari asam folat, Vitamin A, dan beta-karoten, selain yang paling penting yakni Vitamin C. Menurut penelitian, di dalam daun ketumbar dan bijinya terkandung hampir sebanyak 30 dari jumlah Vitamin C yang direkomendasikan bagi tubuh.

    3. Obat Antidiabetes

    Biarkan segenggam biji ketumbar dalam air sepanjang malam. Anda bisa meminum air rendaman yang telah disaring di pagi hari. Untuk penderita diabetes dan masalah kolesterol, sangat direkomendasikan minum air rendaman ketumbar setiap hari. Namun pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter.

    Resep mudah ini dapat membantu menurunkan glukosa darah, sehingga kadar gula darah yang sehat akan terjaga. Meminum air rendaman biji ketumbar bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

    4. Obat Penyakit Bakteri

    Ada begitu banyak penyakit yang bisa ditularkan melalui air. Seperti misalnya kolera, tipus, keracunan makanan hingga disentri. Hal tersebut disebabkan karena bakteri salmonella. Dan asupan air biji ketumbar dengan sifat antibakterinya dapat melindungi diri dari penyakit bakteri.

    Selain meminum air rendamannya secara teratur, Anda juga bisa menambahkan biji ketumbar ke dalam makanan. Biji ketumbar di makanan bisa membantu mencegah terjadinya infeksi bakteri, terutama yang disebabkan oleh salmonella. Biji ketumbar kaya akan antibiotik yang bisa melawan salmonella.

    5. Obat Anemia

    Anemia bisa terjadi lantaran defisiensi besi dan kondisi ini akan berdampak negatif pada efisiensi transportasi oksigen oleh darah. Dan beruntungnya, biji ketumbar dapat mengatasi masalah itu. Diperkaya banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi, biji ketumbar bisa mencegah anemia.

    Itulah dampak dari rutin meminum air rendaman biji ketumbar yang akan Anda rasakan.