Hindari Asam Lambung Naik? Inilah Menu Terbaik untuk Berbuka Bagi Penderita Maag


SURATKABAR.ID – Menjalankan ibadah puasa bagi penderita gangguan lambung atau maag memang kerap menjadi tantangan tersendiri. Selain harus menjaga agar asam lambung tidak naik lantaran kondisi perut yang kosong, penderita maag juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan saat sahur dan berbuka.

Melansir dari Brilio.net, menjalani puasa menjadi tantangan tersendiri bagi para penderita maag. Bagaimana tidak? Ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman selama hampir seharian penuh sehingga dapat menaikkan asam lambung di perut.

Selain itu, ada cukup banyak pantangan makanan yang perlu dipatuhi oleh penderita maag saat sahur dan berbuka puasa. Lalu sebenarnya menu buka puasa yang seperti apa yang baik dikonsumsi oleh penderita maag?

Baca juga: Mudah Lapar Saat Puasa? Ganti Menu Sahur dengan 8 Makanan Nikmat Ini!

1. Kurma

Menjadi makanan yang dianjurkan untuk dimakan saat berbuka, kurma ternyata juga dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita gangguan lambung atau maag. Pasalnya, kurma dapat mengendalikan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

2. Sayur Bening Bayam

Tidak semua jenis sayur dapat dikonsumsi oleh penderita maag. Sayur bening bayam dianjurkan untuk dimakan oleh penderita maag lantaran bayam mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, Bayam juga mengandung mineral penting yang bermanfaat bagi kesehatan lambung, yaitu selenium dan zinc. Zinc diketahui dapat menghambat sekresi asam lambung sehingga gejala asam lambung bisa dicegah.

3. Nasi Tim

Tekstur halus dan lunak pada nasi tim bertujuan agar lambung dapat lebih mudah mencerna makanan sehingga tidak terlalu memforsir kerja sistem pencernaan.

4. Kentang Tumbuk

Dikenal dengan sebutan mashed potato, makanan ini merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita maag. Pasalnya kentang mengandung alkalin yang dapat membantu menetralkan asam lambung sehingga bisa mencegah kambuhnya penyakit maag.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Cara Hindari Asam Lambung Naik, Inilah Menu Buka Puasa Bagi Penderita Maag