Cuti Lebaran, PNS Dapat Jatah 11 Hari. Catat Tanggalnya!


SURATKABAR.ID – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan cuti bersama untuk pegawai negeri sipil (PNS) untuk periode Lebaran 2019 akan dimulai sejak tanggal 30 Mei mendatang. Dan akhir cuti akan berakhir pada tanggal 9 Juni.

“Tanggal 10 (Juni 2019) masuk. Senin masuk tanggal 10 (Juni 2019),” ujar Bima ketika ditemui di sela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2019 yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Kamis (9/5), seperti yang dikutip dari laman CNBCIndonesia.com.

Dari keputusan tersebut, maka jika dihitung maka total cuti bersama PNS untuk periode Lebaran 2019 adalah 11 hari.

Sementara itu ketika ditemui secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani buka suara memberikan penjelasan mengenai cuti bersama PNS untuk periode Lebaran tahun ini.

“Kan Alhamdulillah sudah mulai puasa tanggal 6. Sebelum tanggal 3 (Juni 2019) akan ada sidang isbat terkait Idul Fitri. Insya Allah libur nasional terkait Lebaran 5 dan 6 Juni. Kita kan harus bikin proyeksi libur nasional lebaran setiap tahun,” tutur Puan.

Baca Juga: Berat Badan Naik Selama Puasa? Ternyata Kebiasaan Ini Penyebabnya!

Kabar Gembira! THR Cair 24 Mei

Selain kabar gembira tentang cuti periode Lebaran 2019, PNS juga mendapatkan berita menyejukkan di awal Bulan Ramadan tahun ini. Kali ini terkait tunjangan hari raya (THR) yang disebut-sebut akan cair pada 24 Mei mendatang.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) mengenai THR sudah diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menegaskan siap merampungkan aturan turunannya atau Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

“Kami selesaikan hari ini (Rabu (8/5)) PMK. Sesudah itu Kementerian atau lembaga dan daerah sudah bisa mulai melakukan proses untuk mengajukan (THR),” jelas Sri Mulyani ketika ditemui di Gedung Dhanapala, Jakarta, pada Rabu (8/5).

Belum habis kebahagiaan tentang cuti bersama Lebaran 2019 dan THR, PNS kembali mendapat berita gembira soal gaji ke-13. Sri Mulyani menyebutkan untuk gaji ke-13 PNS akan cair pada pertengahan tahun, yang berarti hanya berselang satu bulan sejak Lebaran PNS akan menerima gaji ke-13.

“Karena itu untuk membantu biaya sekolah ASN (aparatur sipil negara). Jadi THR tanggal 24 insya Allah sudah bisa akan kami laksanakan sesuai dengan proses yang sekarang ini sudah berjalan dan nanti untuk gaji ke-13 pada bulan selanjutnya,” jelas Sri Mulyani.