Gempar Meteor Melintas di Probolinggo Akan Menghantam Bumi, Begini Penjelasan LAPAN


SURATKABAR.ID – Pengguna media sosial baru-baru ini digemparkan dengan sebuah video penampakan benda bercahaya mirip meteor. Warganet ramai menyebut-nyebut bahwa benda asing itu tengah melintasi langit di wilayah Probolinggo, Jawa Timur.

Video berdurasi 18 detik tersebut, seperti yang dihimpun dari laman Detik.com pada Selasa (7/5/2019), memperlihatkan sebuah benda asing berbentuk panjang memancarkan cahaya terang.Cahayanya mirip seperti suar yang melayang di ketinggian.

Adapun jarak benda tersebut dengan bumi dikatakan sangat dekat. Oleh karena itu tak mengherankan penampakan benda asing itu pun tampak sangat jelas. Bahkan benda tersebut tampak seperti akan menabrak bumi.

Tim Detik.com pun berupaya menelusuri kebenaran video yang dibagikan melalui media sosial Facebook dengan meminta konfirmasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Menjawab pertanyaan tersebut, LAPAN menegaskan penampakan benda asing itu bukan terjadi di Probolinggo.

Baca Juga: Sebabkan 5 Pesawat Berputar-Putar 20 Menit, Begini Penjelasan BMKG Soal Awan Tsunami yang Viral

“Video itu lama, di Buenos Aires, Argentina. Bukan di Indonesia,” tegas Kepala LAPAN di Gempol, Pasuruan, Dian Yudha Risdianto, ketika dimintai klarifikasi melalui aplikasi chatting WhatsApp, pada Selasa (7/5).

Lebih lanjut, Dian juga menyampaikan bahwa fenomena serupa yang terekam oleh kamera terjadi di Meksiko pada tahun 2018.

Dian menjelaskan saat ini sedang ada fenomena langit berupa hujan meteor. Adapun fenomena yang ia sebutkan hanya terjadi setiap 76 tahun sekali ini bisa dilihat sejak pertengahan April hingga akhir Mei mendatang.

“Memang saat ini ada fenomena antariksa hujan meteor eta aquarids, yang tampak pada tanggal 19 April 2019 hingga 28 Mei 2019. Puncaknya adalah 6 – 7 Mei. Itu siklus 76 tahunan. Tapi tidak seperti itu (video yang viral),” pungkas Dian memberi penjelasan soal video viral tersebut.

Lihat videonya di bawah ini: