Mulan Jameela dan Ahmad Dhani Diprediksi Gagal Melenggang ke Senayan


SURATKABAR.ID – Pasangan selebritas yang belakangan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif Mulan Jameela dan Ahmad Dhani diduga tak berhasil melenggang ke Senayan. Kendati keduanya mendapat ribuan suara rakyat di Dapil 11 Jawa Barat, namun pelantun lagu Wonder Woman ini diprediksi kalah bersaing.

Melansir Detik.com, Selasa (07/05/2019), Mulan maju sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil 11 Jabar, Garut, Kota Tasik dan Kabupaten Tasik, bernomor urut lima.

Menurut informasi yang dihimpun dari DPC Gerindra Kabupaten Garut, Mulan sejauh ini telah 13.793 suara. Namun dengan suara sebanyak itu, Mulan kalah bersaing dengan caleg lainnya.

Mantan vokalis Ratu itu kalah dari rekan separtainya yang adalah Muhammad Husein di peringkat satu dengan perolehan suara 57.590. Kemudian disusul oleh Subarna yang berada di posisi dua dengan 26.167 suara.

Mulan juga kalah dari Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi yang berada di posisi tiga dan empat dengan perolehan suara masing-masing 30.660 dan 14.771 suara.

Baca juga: Jokowi Kalah di Kampung Halaman Ma’ruf Amin, Tetapi…

Alhasil, keinginan Mulan untuk menjadi wakil rakyat terancam kandas. Pasalnya, diketahui Gerindra hanya meraih 3 kursi di Dapil 11 Jabar untuk DPR RI.

“Yang sudah pasti Muhammad Husein dan Subarna. Untuk kursi DPR RI di dapil Jabar sebelas, hitungan kami dapat tiga kursi,” ungkap Ketua DPC Gerindra Garut Enan kepada wartawan di kantornya, Kamis (2/5/2019).

Meskipun begitu, belum bisa dipastikan Mulan lolos atau tidak. Pasalnya, masih menunggu perolehan hasil suara di Kabupaten Tasik dan Kota Tasikmalaya.

“Harus lihat hasil dari Tasik juga, itu ranah DPP. Kalau yang dua nama itu (Husein dan Subarna) sudah pasti karena Raihan suaranya juga tinggi di Garut,” ungkap Enan.

Dhani Terhalang 2 Orang

Senasib dengan Mulan, Ahmad Dhani pun terancam gagal ke Senayan. Hal ini tak lain dikarenakan perolehan suara Dhani belum cukup untuk mendapatkan jatah kursi yang disediakan di Dapilnya. Hal ini diungkap SCG Research and Consulting yang merilis prediksi 10 caleg berikut partai politik yang menempati kursi DPR RI.

Prediksi tersingkirnya Dhani ini tak seperti perkiraan awal dari tim pemenangannya yang menduga Dhani akan lolos ke gedung DPR. Dhani diketahui mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di Dapil 1 Jatim, Surabaya Sidoarjo dari Partai Gerindra. Dalam rilisnya, SCG Research and Consulting menyebut Gerindra hanya dapat satu kursi di Dapil tersebut, mengutip TribunNews.com.

Kursi itu menjadi perebutan antara Bambang Haryo, Rahmat Muhajirin dan Ahmad Dhani. Pentolan band Dewa 19 itu diketahui mendapat 35 ribu suara. Sementara lawan sesama partainya mendapat 50 ribu suara.

“Terhadap satu kursi yang diprediksi untuk Gerindra, PKB, dan PAN, masih ada ruang perebutan yang cukup seru mengingat di antara caleg yang bersaing marjin suaranya tidak cukup tebal. Sedangkan kursi untuk Golkar dan PKS, ruang perebutan bisa dikatakan sudah selesai karena tebalnya marjin suara antara caleg unggul dan kompetitor di bawahnya,” ujar Direktur SCG Research and Consulting Didik Prasetiyono kepada rekan wartawan, Minggu (05/05/2019).