Jangan Sampai Terlewatkan! 7 Kuliner Nikmat Ini Hanya Ada Selama Ramadan di Indonesia


    SURATKABAR.ID – Bulan Suci Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat Muslim seluruh dunia. Salah satu yang bikin kangen, tentu saja aneka makanan khas yang cuma bisa dijumpai selama bulan puasa saja. Lewat dari Bulan Ramadan, Anda akan kesulitan mendapatkan makanan-makanan itu.

    Seperti yang dirangkum Tribunnews.com dari berbagai sumber pada Senin (6/5/2019), di bawah ini 7 kuliner khas Indonesia yang hanya bisa Anda nikmati selama bulan puasa Bulan Ramadan saja. Makanan apa saja itu?

    1. Bongko Kopyor

    Kuliner khas Gresik, Jawa Timur ini terbuat dari paduan pudding roti kelapa, kopyor, pisang, dan mutiara merah yang dikukus dalam daun pisang. Rasanya yang manis dengan tekstur legitnya benar-benar membangkitkan selera.

    2. Kicak

    Baca Juga: Ini Dia Kebiasaan yang Dilakukan Orang Indonesia Menjelang Akhir Ramadan. Kamu Juga kan?

    Selanjutnya ada makanan khas dari Kota Gudeg Jogjakarta. Dibuat dari beras ketan dan campuran kelapa parut serta nangka, Kicak menawarkan rasa gurih sekaligus manis yang berpadu dengan syahdu dalam mulut.

    3. Gulai Siput

    Gulai Siput merupakan makanan khas dari Tanjungpinang yang hanya ada selama Bulan Ramadan. Biasanya kuliner satu ini disajikan sebagai lauk yang mendampingi nasi untuk santapan saat berbuka puasa.

    4. Pakkat

    Ada lagi kuliner unik dari Indonesia yang cuma bisa Anda nikmati di bulan puasa, yakni Pakkat. Makanan khas Tapanuli ini dibuat dari rotan muda yang terlebih dahulu dibakar sebelum bisa disajikan. Biasanya Pakkat dihidangkan sebagai camilan berbuka puasa.

    5. Sate Susu

    Jangan pernah lewatkan sajian khas Bali ini. Jika Anda mengunjungi Pulau Dewata di bulan puasa, Sate Susu adalah makanan yang wajib dicicipi. Sate Susu dibuat dariputing sapi yang diolah dengan cara dibakar dan siap dinikmati bersama sambal plecing, sambal khas Bali.

    6. Sotong Pangkong

    Anda berencana mengunjungi Pontianak di bulan puasa ini? Sotong Pangkong harus masuk dalam daftar makanan yang perlu Anda cicipi di kota tersebut. Kuliner ini dibuat dari cumi-cumi yang dikeringkan lalu dibakar dan dipipihkan dengan palu. Paling enak Sotong Pangkong disantap dengan saus kacang pedas.

    7. Ketan Bintul

    Nama lain Ketan Bintul adalah Ketan Serundeng. Makanan khas Banten ini biasanya ramai di saat Bulan Ramadan. Umumnya masyarakat Banten menikmati Ketan Bintul dengan siraman kuah rendang sapi atau kerbau yang akan menjadikannya kuliner sedap.