Jarang Diketahui, Ternyata Jus Kurma Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan


SURATKABAR.ID – Memasuki Bulan Suci Ramadhan, tak lengkap rasanya jika tidak menyantap buah kurma sebagai tambahan hidangan sahur atau buka puasa. Identik sebagai buah yang kerap dikonsumsi saat bulan puasa, rasa kurma yang manis ini dipercaya mampu memulihkan energi setelah seharian menahan haus dan lapar. Cara mengonsumsinya pun bisa langsung dimakan atau diolah bersama menu kuliner lain. Alternatif lainnya yakni dengan membuatnya menjadi jus.

Jus kurma bisa menjadi alternatif penghilang dahaga usai berpuasa. Selain kandungan zat besinya yang tinggi, kurma juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya. Jus kurma sendiri dipercaya merupakan tonik kesehatan alami yang aman untuk dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa.

Inilah yang jarang diketahui masyarakat luas. Karena ternyata jus kurma mempunyai sederet manfaat baik bagi kesehatan, terutama selagi menjalankan ibadah puasa. Seperti dikutip dari JawaPos.com, Senin (06/05/2019), jus kurma dibuat dengan mencampur kurma yang sudah direndam sebelumnya dengan air atau susu.

Jus kurma sarat akan kebaikan alam seperti zat besi, folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan seng.  Selain itu, menurut halaman Style Craze, Minggu (05/05/2019), buah kurma kaya akan vitamin B1, B2, B3 dan C. Mengonsumsi jus kurma tak hanya baik saat puasa, tapi juga bermanfaat secara umum untuk kesehatan.

Jus kurma dapat diolah melalui beberapa cara. Yang pertama yakni dengan susu. Cukup siapkan kurma dan susu lalu rendam kurma di dalam susu selama 1 jam. Kemudian buanglah bijinya dan cincang dengan kasar. Blender biji kurma hingga halus  serta tambahkan susu. Jus kurma pun sudah siap untuk diminum.

Baca juga: Kontrol Tekanan Darah di Bulan Ramadhan dengan Makanan Berikut Ini

Untuk cara kedua, siapkan kurma dan air putih secukupnya. Kemudian rendamlah dan blender kurmanya dan jus kurma pun siap disajikan. Kedua cara ini bisa memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Untuk rincian selengkapnya, silakan simak ulasan berikut.

Cegah Kanker

Ada antioksidan yang terkandung di dalam jus kurma. Dan sebagaimana diketahui, antioksidan dapat membantu menghancurkan radikal bebas sehingga sel kanker yang tumbuh akan dirusaknya. Selain itu, jus kurma juga membantu mencegah berbagai penyakit secara umum.

Baik Untuk Bumil

Bagi ibu hamil, minum jus kurma pada bulan terakhir kehamilan akan membantu dalam kontraksi otot-otot rahim. Kurma mempunyai beberapa enzim yang berfungsi sama dengan oksitosin pada perempuan.

Sehatkan Tulang dan Gigi

Kalsium, tembaga, mangan dan magnesium merupakan beberapa mineral yang ada dalam jus kurma dalam jumlah yang baik. Inilah yang membuat kurma baik bagi kesehatan tulang dan gigi Anda.

Membuat Kulit Bercahaya

Mengonsumsi jus kurma setiap hari akan membuat kulit bercahaya. Menjadi sumber vitamin C dan D yang baik, jus kurma meningkatkan kualitas kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Bisa membantu dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dan mengeluarkan cahaya alami dari dalam.

Kesehatan Rambut

Manfaat jus kurma untuk rambut bisa membuat tekstur lebih tebal dan halus. Kurma memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan folikel rambut untuk bekerja dengan baik. Kandungan zat besi dan folat yang tinggi dalam jus dapat memperkuat folikel rambut dari dalam dan mengurangi kerontokan.

Menambah Berat Badan

Tingginya kadar gula dan karbohidrat menjadikan jus kurma pilihan yang sempurna bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Ini adalah obat alami untuk menaikkan berat badan pada orang yang berbadan kurus.

Pencahar Usus

Ada kualitas pencahar dalam jus kurma yang membuatnya menjadi pilihan untuk  memudahkan buang air besar. Segelas jus kurma bisa menjadi obat untuk sembelit dan konstipasi. Hal itu dikarenakan tingginya jumlah serat dalam minuman tersebut.

Turunkan Kolesterol Jahat

LDL yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat adalah salah satu alasan utama untuk masalah jantung dan stroke. Melalui kandungan seratnya, jus kurma merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi LDL dalam tubuh.