Kontrol Tekanan Darah di Bulan Ramadhan dengan Makanan Berikut Ini


SURATKABAR.ID – Bagi  para penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol, Bulan Ramadhan ini bisa menjadi momentum yang baik. Mengapa? Karena Anda jadi bisa mengawasi pola makan dan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan lebih mudah.

Sewaktu sedang tidak berpuasa, umumnya seseorang akan makan tiga kali sehari. Selain itu, tambahan lainnya berupa camilan kerap menjadi pilihan di sela jam makan. Namun saat berpuasa, secara otomatis, pola makan akan berubah menjadi waktu sahur dan berbuka.

Melansir Tempo.co, Minggu (05/05/2019), hal ini tentu menjadi keuntungan bagi penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol. Karena dengan demikian, pola pengaturan waktu makan dan jenis makanan dalam menu berbuka bisa lebih mudah lagi untuk diatur.

Ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kolesterol. Itulah sebabnya beberapa pilihan makanan tertentu disarankan ada dalam menu makan saat sahur dan buka puasa nanti. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

1. Pisang

Makanan yang mengandung potasium ini sangat disarankan bagi para penderita hipertensi. Beberapa makanan yang kaya potasium di antaranya pisang dan kacang-kacangan dan dapat disantap sebagai cemilan sehat ketika sahur dan berbuka puasa.

Baca juga: Dapatkan Wajah Lebih Cerah dengan Coklat, Simak 8 Caranya

2. Kiwi

Kiwi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seperti diungkapkan American Heart Association, buah khas Selandia Baru ini kaya akan lutein dan mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan tekanan darah.

3. Tahu

Tak banyak yang tahu, makanan dengan kandungan kedelai seperti tahu, tempe, edamame, dan miso ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan isoflavon di dalamnya membuat tekanan darah sistolik tetap rendah dan stabil, seperti dijelaskan American College of Cardiology.

4. Cokelat

Kandungan flavanol dalam cokelat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengonsumsinya bisa membantu menurunkan tekanan darah. Namun, Dr. Karin Ried dari Universitas Adelaide di Australia mengungkapkan bahwa cokelat hanya akan menurunkan tekanan pada penderita tekanan darah tinggi, bukan mereka yang bertekanan darah normal.

5. Semangka

Selain sarat kandungan air yang sangat baik buat tubuh, semangka dapat menurunkan tekanan darah melalui kandungan asam amino berjenis L-citrulline atau L-arginine, seperti dibuktikan oleh penelitian yang Universitas Negeri Florida di Amerika Serikat.