Viral Hoax Server Situng KPU Dikendalikan Bareskrim, Polri Usut Penyebar Kabar


    SURATKABAR.ID – Masyarakat kembali diresahkan dengan  beredarnya kabar hoax mengenai server Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU dikendalikan di Bareskrim. Isu menggemparkan ini tak ayal kini viral di media sosial. Pihak Polri lantas menyatakan bahwa narasi informasi tersebut ialah hoax dan tidak benar.

    “Hoax, sudah dari kemarin disampaikan,” tandas Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, saat dihubungi pers pada Minggu (05/05/2019), seperti dilansir dari reportase Detik.com.

    Dedi mengimbuhkan Polri tengah mendalami akun penyebar informasi terkait. Direktorat Tindak Pidana (Dittipid) Siber Bareskrim Polri pun kini tengah menyelidiki hal tersebut.

    “Tim Siber sedang mendalami pemilik akun penyebar konten tersebut,” ujar Dedi menambahkan.

    Melalui akun Instagram @divisihumaspolri, pihak Polri juga menjabarkan bahwa informasi sejenis yang menyebut Situng KPU dikendalikan di Bareskrim Polri adalah hoax alias berita bohong.

    Baca juga: Sindir KPU, Fadli Zon: Saya Kira Anak SMA Saja Sudah Jago

    Diketahui sebelumnya, informasi viral terkait server Situng KPU dikendalikan di Bareskrim viral di media sosial Twitter melalui akun @Wahyuaja77.

    Dalam postingannya, pemilik akun yang bersangkutan mengunggah foto lokasi gedung Bareskrim Mabes Polri yang dilengkapi keterangan ‘lokasi intruder pengendali tampilan server Situng KPU’.

    Berikut ini bunyi postingan cuitan akun @Wahyuaja77 tersebut:

    Dalam pantauan Rakyat 24 jam… LOCK LOCATION INTRUDER.. DALAM GEDUNG BARESKRIM.. Siapa yang menyangka Mereka merasa aman dan nyaman karena ada didalam gedung JADI SIAPA YANG MAU TANGKAP??, masa KAPOLRI tidak tau sih?
    #StopSitungKPU

    Lebih lanjut, dalam keterangan foto unggahannya, pihak Divisi Humas Polri di Instagram mengimbau agar warganet hendaknya bersikap cerdas dalam menyikapi kabar yang tersebar dan menyaring dulu kebenarannya sebelum dibagikan ke masyarakat luas.

    “Be Smart Netizen

    Telah beredar broadcast di media chat Whatsapp dengan isi konten “GILA … TERNYATA BARESKRIM MABES POLRI DI GAMBIR JADI PUSAT KENDALI SITUNG KPU ‼️
    ALHAMDULILLAH PENYUSUP TERLACAK ‼️….” dan mencantumkan berita di media online pemiluupdate.com dengan judul “Situng Dikendalikan ‘Intrunder’, Pakar ITB Usul KPU Hentikan Penghitungan Suara” adalah *Tidak Benar/ HOAX*.
    Saring Sebelum Sharing
    #polripromoter #polriadauntukmasyarakat#stophoax #saringsebelumsharing”.

    Demikian seperti dilansir dari akun resmi Instagram @divisihumaspolri.