Stop Sekarang Juga! Ahli Ungkap Bahaya Mengerikan dari Konsumsi Makanan Kaleng, Bisa Sangat Fatal


SURATKABAR.ID – Tuntutan jam kerja yang semakin padat membuat kesibukan seseorang pun bakal semakin bertambah. Jam kantor yang sering lembur membuat para pekerjanya memilih untuk melakukan segala cara demi menunjang aktivitas mereka.

Sayangnya, kondisi tersebut justru kerap membuat mereka mengabaikan kondisi kesehatannya. Jam kerja yang terlalu padat ditambah dengan tingkat kemalasan, banyak yang memilih altenatif paling mudah dalam hal memilih makanan.

Ya, makanan kaleng belakangan ini mulai menjadi pilihan favorit banyak orang. Bukan tanpa alasan, selain praktis dan mudah ditemukan, beragam pilihan menu pun mulai banyak disediakan dalam bentuk makanan kaleng. Lalu benarkah makanan kaleng sebenarnya kurang baik bagi kesehatan?

Melansir dari health.com, sejauh ini makanan kaleng memang dianggap praktis, namun memiliki efek samping jangka panjang yang membahayakan tubuh. Pada awalnya, kemasan kaleng bertujuan untuk melindungi makanan dari bakteri yang menyebabkan makanan cepat membusuk.

Baca Juga: Waduh! 7 Makanan Sehat Ini Bisa Berbahaya Jika Terlalu Sering Dikonsumsi. Berikut Akibatnya

Namun nyatanya, tidak sedikit kaleng yang jadi penyok saat proses distribusi atau setelah dijual di pasar. Menurut pendapat Suki Hertz, seorang profesor nutrisi dan keamanan makanan untuk Culinary Institute of America, tingkat keparahan kaleng yang penyok akan memengaruhi kualitas produk.

“Jika itu hanya penyok kecil di bagian lain pada kaleng. Itu tidak akan mempengaruhi makanan di dalamnya,” ujar Hertz.

Menambahkan keterangannya, profesor nutrisi tersebut menjelaskan bahwa bagian kaleng yang penyok akan menyebabkan makanan di dalam kaleng lebih mudah terpapar udara yang menyebabkan patogen rusak. Hal ini lantaran pada bagian kaleng yang penyok tersebut terdapat lapisan logam.

Jika kaleng makanan sudah terlihat penyok, maka sebenarnya makanan yang ada di dalamnya sudah tidak layak dikonsumsi. Sebagai efek samping, biasanya orang yang mengonsumsi makanan kaleng tersebut akan keracunan.

Fatalnya, keracunan akibat mengonsumsi makanan kaleng tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada syaraf di otak. Akibat jangka panjang yang jarang diketahui adalah melemahnya fungsi otak dan menyebabkan kelumpuhan.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Stop Konsumsi Makanan Kaleng, Terungkap Bahaya Mengerikan yang Ditimbulkan!!