Usai Dituding Lecehkan Ulama, Lawakan Andre Taulany Kini Dianggap Hina Nabi Muhammad


SURATKABAR.ID – Usai dituding melecehkan ulama, kini giliran lawakan Andre Taulany yang dianggap telah menghina Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Kembali menjadi perbincangan publik, video lawakan Andre Taulany yang menyebut ‘badan Nabi Muhammad seperti kebon‘ kini menjadi viral. Sebelumnya, guyonan kontroversial Andre juga dinilai telah menyindir dua ulama masyhur, yakni Ustadz Adi Hidayat dan Ustadz Abdul Somad.

Mengutip reportase Viva.co.id, Sabtu (04/05/2019), peristiwa itu terjadi saat Andre dan pelawak Sule menjadi host dalam acara di sebuah stasiun televisi swasta nasional. Adapun yang ikut hadir sebagai bintang tamu dalam acara tersebut ialah Muhammad Devirzha, atau yang biasa disapa sebagai Virzha “Idol”. 

Guyonan tersebut berawal ketika Sule menanyakan ke Virzha mengenai filosofinya tentang parfum.

“Aku pernah baca kisah. Jadi Nabi Muhammad itu aromanya seribu bunga, gitu. Berawal dari situ sih. Kalau kita bisa wangi, kenapa enggak,” jawab Virza.

Tiba-tiba Andre melontarkan celetukan, “Aroma seribu bunga? Itu badan apa kebon?”

Baca juga: Dituding Hina Ulama, Andre Taulany Beri Pengakuan Begini

Kalimat inilah yang lantas menuai kontroversi dan mengandung hinaan. Disebutkan dalam video yang beredar di YouTube, acara itu tayang pada tahun 2017 silam. Namun baru beberapa hari ini video tersebut menjadi viral. 

Banyak pihak menyayangkan lawakan Andre ini. Salah satunya yaitu Habib Muhammad Hanif Alathos. Habib Hanif lantas mengecam keras lawakan Andre.

“Ini jawaban kurang ajar. Ini penghinaan terhadap Rasulullah. Rasulullah adalah simbol suci, tidak boleh dihina, tidak boleh diledek-ledek, tidak boleh dijadikan bahan becandaan. Karenanya, saya ultimatum kepada Andre. Anda boleh menghina saya. Saya Muhammad Hanif Alathos. Anda boleh caci saya. Anda boleh maki saya. Tapi jangan coba-coba menghina Rasulullah. Karena kalau Anda menghina Rasulullah, sama saja Anda mengajak perang umat Islam,” tandas Habib Hanif.

Itulah sebabnya Habib Hanif meminta Andre segera bertaubat dan meminta maaf pada Allah, Rasulullah serta umat Islam atas perbuatannya.

Habib Hanif juga meminta kepolisian memproses Andre atas lawakannya yang menghina simbol suci dan junjungan umat Islam tersebut.

Persaudaraan Alumni (PA) 212 Polisikan Andre

Sementara itu, dilansir dari Detik.com, Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan melaporkan Andre Taulany ke Bareskrim Polri. PA 212 juga menilai Andre sudah menghina Rasulullah SAW.

“Jadi kami menyesalkan atas humor yang dibuat bukan hal yang bukan untuk dihumorkan, bukan hal untuk hal lucu-lucuan karena menyangkut seorang Rasulullah,” ujar Kepala Divisi Hukum PA 212, Damai Hari Lubis, Sabtu (04/05/2019).

Damai melaporkan Andre ke Bareskrim guna menguji penegakan hukum di Indonesia. Dia tak ingin lawakan Andre yang dinilai menghina Rasul itu jadi diikuti oleh pelawak atau public figure lain.

“Kami ingin menguji penegakan hukum kita, sampai di mana kepedulian ujar yang mengandung kebencian, yang bisa membangkitkan amarah warga sesuai hukum yang berlaku terhadap seorang artis, yang bisa saja kalau didiamkan kalau didiamkan, akan berulang kepada gunjingan lain atau humor terhadap Rasulullah. Bisa juga diikuti oleh kelompok masyarakat lain, selain dari pelawak lainnya bisa jadi masyarakat umum. Seolah-olah itu perbuatan biasa,” bebernya menjelaskan.

Damai mengimbuhkan banyak orang yang marah atas lawakan yang disampaikan Andre. Dengan tegas ia menyampaikan, pihaknya akan menempuh jalur hukum dan tidak melampiaskan kemarahan itu lewat jalur di luar undang-undang.

“Untuk itu kami laporkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku, tidak ada pembalasan. Melalui jalur hukum atas kemarahan yang dibuatnya tapi kami jalur hukum,” sebutnya.