Sering Mulas dan BAB Saat Datang Bulan, Ternyata 2 Hal Ini Penyebabnya


SURATKABAR.ID – Bagi kaum hawa, tentu sudah sangat akrab dengan perasaan yang melanda ketika menstruasi alias datang bulan. Tamu bulanan ini memang selalu mengajak beberapa efek yang bikin tubuh terasa kurang nyaman.

Seperti lebih mudah terbakar emosi, hingga yang paling membingungkan adalah membedakan sakit di perut. Apakah itu timbul karena kita memang sedang lapar, sakit karena sedang haid, atau mulas lantaran ingin buang air besar (BAB).

Ternyata, seperti yang dirangkum dari laman Tribunnews.com pada Kamis (2/5/2019), ada alasan mengapa kita kerap merasa mulas seperti mau BAB ketika menstruasi. Rupanya ada dua hormon yang menjadi pemicu timbulnya rasa kepingin BAB ketika menstruasi. Apa saja kedua hormon tersebut?

Hormon Prostaglandin

Untuk hormon yang satu ini memiliki tugas untuk membuat kontraksi pada rahim yang kemudian menekan dinding rahim untuk meluruhkan dan membuat darah haid mengalir. Dan hormon ini rupanya juga lepas ke bagian lambung.

Baca Juga: Wow! Ternyata Ini Resikonya Jika Berhubungan Badan Saat Haid

Itulah mengapa daerah tersebut juga ikut kontraksi sehingga menimbulkan perasaan seperti ingin ke belakang untuk buang hajat ketika sedang menstruasi.

Hormon Progesterone

Selanjutnya ada hormon progesterone. Hormon ini sebenarnya malah membuat kita sulit untuk buang air besar. Namun tidak demikian ketika Anda sedang kedatangan tamu bulanan. Pasalnya ketika mens datang, hormon ini justru menurun secara drastis.

Hasilnya, seperti yang sudah Anda ketahui, adalah membuat kita jadi lebih sering BAB. Bahkan tak sedikit yang sampai mengalami diare.

Jadi bukan hal yang aneh ketika kita menstruasi lalu merasa sering mulas. Sekarang Anda sudah tahu, bukan, alasan dan penyebab mengapa setiap datang bulan intensitas BAB malah semakin meningkat. Dan ini bukan merupakan gangguan kesehatan yang perlu penanganan medis, loh.