Kalah Pamor dengan PKS, PDIP Hanya Dapat 1 Kursi Dewan di Daerah Ini


SURATKABAR.ID – Partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 berebut mendapatkan jatah kursi sebanyak-banyaknya dari total 25 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Payakumbuh untuk periode 2019-2024. Dari sekian partai, siapa saja yang berpeluang masuk?

Menanggapi hal tersebut, seperti yang dilansir JPNN.com dari Padang Expres (Jawa Pos Group) pada Rabu (1/5/2019), Ketua DPRD Payakumbuh Yendri Bodra Dt Parmato Alam angkat bicara. Ia mengatakan Partai Golkar sudah melakukan penghitungan internal hasil Pileg 2019 untuk tingkat Kota Payakumbuh.

Dari hasil penghitungan internalnya, partai berlambang pohon beringin tersebut memperkirakan ke-25 kursi di DPR Payakumbuh akan diambil oleh 10 partai. Yakni PKS, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, PAN, NasDem, PDIP, PKB dan PBB.

“Berdasarkan perhitungan internal kita, PKS sebagai kompetitor kita, dapat 5 kursi. Kemudian Gerindra 4 kursi. Selanjutnya Demokrat, Golkar, dan PPP, masing-masing 3 kursi. Kemudian sisanya diprediksi PAN 2 kursi, NasDem 2 kursi, PDIP 1 kursi, PKB 1 kursi, dan PBB 1 kursi,” ujar Parmato Alam, Senin (29/4) sore.

Adapun data dari Parmato Alam tersebut rupanya cocok dengan data dari sejumlah ketua partai politik di Kota Payakumbuh. “Kalau hitung-hitungan kami, PKS memang dapat 5 kursi,” ujar Ketua PKS Hamdi Agus ketika diwawancarai.

Baca Juga: Gagal Peroleh Suara, Caleg PDIP Minta Kembali Beras yang Sudah Dibagikan ke Warga

“Iya, kalau data kami Geridnra memang dapat 4 kursi,” timpal Ketua Partai Geridnra Nurkhalis Dt Bijo. Hal serupa juga disampaikan Ketua PPP Ahmad Zifal. “Dari data kami, PPP memang dapat 3 kursi. Sama halnya dengan Golkar,”ungkapnya ketika ditemui beberapa waktu sebelumnya.

Berbekal dari data para ketua partai politik tersebut, diperkirakan ada 5 parpol yang kurang beruntung alias gagal mendapatkan kursi DPRD Payakumbuh dalam gelaran Pemilu 2019 kali ini. Salah satu dari kelima parpol tersebut adalah PKPI yang tak punya caleg satu pun di Payakumbuh.

Kemudian ada Partai Garuda, PSI, Perindo, dan Partai Hanura. “Memang dari hitung-hitungan, kami di Hanura tidak dapat kursi. Tapi kami siap hadapi Pilkada,” ujar Ketua Hanura Payakumbuh Basri Latief dengan tegas.