Hati-hati! Tak Hanya Pisang dan Susu, Sederet Makanan Ini Ternyata Berbahaya Jika Dikonsumsi Berbarengan


SURATKABAR.ID – Kemajuan teknologi dan tren di berbagai bidang mendorong perubahan dalam segala lini kehidupan. Salah satunya adalah tren dalam menyajikan menu makanan. Belakangan ini, rasanya faktor kesehatan bukan lagi satu-satunya alasan dala menyajikan menu makanan.

Beberapa menu terbaru bahkan lebih memilih mengikuti tren yang dirasa “kekinian” daripada memperhatikan faktor kesehatannya.

Dalam menyajikan menu makanan misalnya, semakin hari semakin banyak muncul menu terbaru yang membuat banyak orang semakin tertarik. Sayangnya, sajian menu tersebut justru membahayakan kesehatan lantaran kombinasi makanan yang seharusnya tidak disajikan dalam satu menu.

Melansir dari Health.com, meski banyak yang menganggap sebagai perpaduan yang cocok lantaran rasanya yang cukup lezat, nyatanya tidak semua makanan yang disajikan dalam satu menu baik dikonsumsi bagi kesehatan.

Beberapa menu kombinasi yang hingga kini masih menjadi tren dan kegemaran masyarakat Indonesia nyatanya justru masuk ke dalam menu makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Ikuti 19 Cara Cepat dan Alami Ini Agar Kulit Selangkangan Paha Anda Putih Permanen

1. Pisang dan Susu

Sudah bukan hal baru lagi, pisang dan susu kerap dikombinasikan dalam berbagai bentuk menu baru. Sayangnya, kombinasi susu dan pisang justru akan menghilangkan kandungan nutrisi pada masing-masing makanan tersebut.

2. Kentang goreng dan Daging

Kombinasi makanan ini dinilai sangat berat oleh ahli gizi. Pati yang terkandung dalam kentang membutuhkan cairan pencernaan alkalotik. Sedangkan protein dari daging membutuhkan asam untuk pencernaan. Ketika dikonsumsi bersamaan daging dan kentang akan terjebak dalam perut.

3. Nanas dan Susu

Asam dalam nanas akan membuat pencernaan bekerja lebih lambat terutama pada pagi hari. Selain itu, nanas mengandung bromelain, itu adalah enzim yang akan menyebabkan keracunan jika dipadukan dengan berbagai produk susu.

4. Roti Keju dan Kopi

Dua makanan ini memang biasa disajikan sebagai menu sarapan. Selain mudah dibuat, roti juga menjadi makanan paling aman untuk mengganjal perut. Sayangnya, perpaduan dua makanan ini justru kurang baik bagi kesehatan pencernaan.

5. Tomat dan Mentimun

Penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa makan dua sayuran ini dalam waktu bersamaan mengganggu jalur biokimia tubuh. Nantinya akan menyebabkan kalsinasi dan pembengkakan yang berlebihan dalam tubuh. Serta vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam tomat dan mentimun tidak akan tercerna dengan baik.

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Hati-hati Kombinasi Makanan ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan, Sayang Masih ada yang Jadi Kegemaran