Perolehan Suara Ungguli Ketua DPC Demokrat, Terkuak 5 Fakta Kehidupan Agung Si Pengantar Galon


SURATKABAR.ID – Agung Darma berhasil membuktikan uang bukan faktor utama untuk mengikuti pemilihan calon anggota legislatif (pileg) 2019. Pasalnya, ia lolos dan masuk Dewan Perwakilan Daerah (DPRD)Muna Barat, Sulawesi Tenggara.

Agung, seperti dihimpun dari Kompas.com pada Jumat (26/4/2019), mengantongi 732 suara. Sementara Ketua DPC Demokrat Muna Barat hanya mendapatkan 520 suara. Perolehan suara keduanya terpaut jauh. Padahal Agung bukanlah apa-apa jika dibandingkan dengan Ketua DPC Demokrat Muna Barat.

Meski bisa menduduki kursi di DPRD Muna Barat, Agung tak lantas lupa akan siapa dirinya sebenarnya. Pria warga Desa Guali, Kecamatan Kusambi tersebut bertekad untuk berjuang bagi masyarakat kecil. Masalah kesehatan kalangan kurang mampu akan menjadi fokus Agung.

Kisah ini sontak menjadi sorotan banyak pihak yang penasaran dengan sosok Agung yang bisa sukses masuk ke DPRD Muna Barat, Sulawesi Selatan. Ia bahkan berhasil mengalahkan perolehan suara politisi yang seharusnya memiliki banyak pendukung. Berikut fakta Agung sebenarnya:

1. Tukang Antar Galon Air dan Pegawai Honorer

Agung tak dapat menutupi raut bahagia karena terpilih menjagi anggota DPRD Muna Barat untuk periode 2019-2024. Meski hanya sebagai pegawai honorer di puskesmas dan pengantar galon air, bukan berarti Agung tak sanggup membantai lawan-lawan politiknya di Pemilu 2019 lalu.

Baca Juga:

“Alhamdulillah senang sekali. Senangnya itu karena dukungan orangtua yang begitu full memberikan semangat dan antusiasme masyarakat. Dengan keberhasilan ini, semua turut bangga karena perjuangan bersama-sama, kita menangi pertarungan ini,” tutur Agung pada Kamis (25/4).

2. Uang Bukan Segalanya Bagi Agung

Ikut kontestasi Pileg 2019 bagi Agung bukan perkara mudah. Tak sedikit yang meremehkan dirinya karena melihat Agung hanyalah seorang pengantar galon air. Belum lagi fakta penting bahwa ia harus berhadapan dengan lawan politik yang kuat tak hanya dari sisi finansial, namun juga ketokohan.

“Tidak semua perjuangan itu diukur dengan finansial. Karena perjuangan kami ini dipandang enteng dari beberapa kalangan masyarakat dan merasa sudah besar. Makanya kami jalani dengan ikhlas dan Alhamdulillah (lolos),” ungkapnya.

3. Ungguli Ketua DPC Demokrat Muna Barat

Menurut hasil pemungutan suara, nantinya Agung akan menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Demokrat untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Muna Barat I, meliputi Kecamatan Kusambi, Kecamatan Napano Kusambi, dan Sawerigadi.

Dari hasil penghitungan suara dalam Pileg 2019 17 April lalu, Agung mengantongi suara terbanyak dengan 732 suara. Tak ada yang menyangka ia mengalahkan Ketua DPC Demokrat Muna Barat  yang hanya memperoleh 520 suara saja.

“Kami juga tidak menyangka mengalahkan Ketua Partai DPC. Tapi itulah realitas bahwa tidak selamanya pemimpin partai menjadi pemenang. Hari ini kami sudah buktikan dengan perjuangan yang panjang. Alhamdulillah kami bisa kalahkan beliau,” jelas Agung.

4. Kemenangan Agung Jadi Sumber Kebahagiaan Sang Ibu

Lolosnya Agung sang pengantar galon air menjadi caleg dari Partai Demokrat membuat ibunya, Wa Malu, sangat berbahagia. Wa Malu juga mengaku putranya bisa mengumpulkan suara terbanyak dan akhirnya lolos dalam pertarungan caleg.

“Saya sangat bersyukur. Saya hanya berdoa terus agar anak saya berhasil lolos. Apalagi kalau diingat-ingat, pekerjaan anak saya ini setiap hari antar galon dan honorer di puskesmas. Saya bersyukur sekali,” Wa Malu mengungkapkan kebahagiaannya.

5. Ingin Memperjuangkan Hak Masyarakat Mendapat Layanan Kesehatan

Hal utama bagi Agung adalah soal layanan kesehatan masyarakat di Muna Barat. Sebagai pegawai honorer yang bekerja di puskesmas setempat, membuat dirinya hafal benar bagaimana nasib para rakyat bawah sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang layak.

“Yang saya lakukan ke depan, tetap kepada janji politik kami bahwa pertemanannya selamanya. Artinya, tetap menjalin silaturahmi. Kebetulan saya perawat, kalau ada yang sakit, kami bantu,” ujar Agung yang berjanji akan terus menjadi pelayan bagi masyarakat yang membutuhkan.