Tanggapan Mengejutkan BPN Terkait Pertemuan Jokowi dengan Zulkifli Hasan


SURATKABAR.ID – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Rabu (24/4) lalu.

Terkait pertemuan tersebut, seperti yang dihimpun dari laman Detik.com pada Jumat (26/4/2019), Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno buka suara. Menurut BPN, pertemuan tersebut adalah wajar mengingat kapasitas Zulkifli yang merupakan pimpinan MPR.

“Wajar saja, Pak Zul kan hadir dalam acara pelantikan Gubernur (pelantikan Gubernur Maluku), beliau hadir secara formal sebagai Ketua MPR. Jadi bagi kami di BPN, ya biasa saja,” ujar Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak di hadapan awak media, Jumat (26/4).

Lebih lanjut, Dahnil juga memberikan respons terkait pernyataan yang dilontarkan Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan terkait reposisi atas pertemuan antara Zulkifli dan Jokowi. Dahnil menilai, tidak ada pembicaraan politik dalam pertemuan keduanya.

“Informasi yang kami terima, justru tidak ada bicara reposisi atau politik lainnya,” ungkap Dahnil.

Baca Juga: Prabowo Tolak Utusan Jokowi, TKN Lempat Komentar Pedas

Sebelumnya diberitakan, antara ZUlkifli dan Jokowi bertemu ketika pelantikan Murad Ismail dan Barnabas Orno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Rabu (24.4) lalu. Pertemuan tersebut kemudian memancing reaksi dari banyak pihak, lantaran keduanya berada di dua kubu yang berbeda.

Diketahui Zulkifli terdaftar di Koalisi Adil Makmur Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sementara Joko Widodo merupakan calon presiden di Koalisi Indonesia Kerja. Pertemuan keduanya tersebut mendapat perbedaan pandangan dari berbagai pihak.

Zulkifli sendiri dalam pertemuan tersebut kepergok tengah berbincang dengan Jokowi. Di tengah perbincangannya tampak sesekali menunjukkan raut wajah serius. Namun keduanya juga banyak mengulas senyum dan tawa.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto juga terlihat hadir tak jauh dari Zulkifli dan Jokowi yang terlibat perbincangan.

Adapun perbincangan tersebut terpantau berlangsung di ruang belakang Istana Negara yang digunakan sebagai ruangan berkumpulnya para tamu undangan acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Maluku tersebut.

Pada saat dimintai tanggapan oleh para awak media, Zulkifli mengaku bahwa perbincangannya dengan Jokowi hanyalah sebatas silaturahmi. “Ya kalau silaturahmi kan pasti banyak yang kami bicarakan,” kata Zulkifli Hasan yang ditemui di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (24/4).