Jangan Langsung Dibuang! Air Rebusan Mie Instan Punya 6 Manfaat Mengejutkan Bagi Manusia


SURATKABAR.ID – Selama ini, pandangan umum kerap menganggap air rebusan mie instan tidak baik bagi kesehatan, sehingga biasanya langsung dibuang dan tak pernah digunakan. Anggapan air rebusan mie instan berbahaya untuk dikonsumsi ini dikarenakan air tersebut diduga mengandung zat lilin.

Tapi ternyata anggapan ini tak sepenuhnya benar. Siapa sangka jika ternyata air hasil rebusan mie instan tersebut memiliki banyak manfaat tak biasa bagi manusia dan kehidupan sehari-hari.

Melansir Palembang.TribunNews.com, Minggu (21/04/2019), kebanyakan pecinta mie instan mengganti air rebusan dengan air yang bersih saat hendak mengonsumsinya. Namun air rebusan mie instan ini memiliki segudang manfaat mengejutkan, baik untuk lingkungan maupun bagi manusia.

Apa saja manfaatnya? Mari simak ulasannya berikut sebagaimana diberitakan dalam laporan Grid.ID yang dirangkum dari BoredomTherapy.com.

1. Membuat Rambut Berkilau

Percaya tak percaya, air rebusan mi instan disebut dapat membuat rambut berkilau. Caranya, cukup dengan merendam rambutmu dalam air rebusan mie instan selama 10 menit.

Baca juga: Sering Dianggap Tak Berguna, Jaring Buah Ternyata Punya 5 Manfaat Tak Terduga

Setelahnya lalu cuci dengan shampoo dan bilas dengan air bersih seperti biasa.

2. Merendam Kaki dan Meredakan Nyeri

Siapa sangka jika air rebusan mie instan bisa digunakan untuk merendam kaki. Disebutkan bahwa air rebusan mie instan ini bisa meredakan rasa nyeri pada kaki yang pegal-pegal.

Hal ini dapat terjadi karena air rebusan tersebut mempunyai kandungan mineral yang berkhasiat untuk meringankan nyeri dan pegal.

3. Membuat Kaldu

Air rebusan mie instan bisa berfungsi sebagai kaldu yang sempurna untuk membuat bentuk sop yang lain. Tertarik untuk mencobanya?

4. Mencuci Piring Kotor

Kandungan pati dalam air rebusan mie instan ini mampu menghilangkan noda membandel yang terdapat pada piring kotor. Jika tak percaya, Kamu mungkin bisa mencobanya di rumah.

5. Merendam Sayuran atau Kacang

Merendam sayuran atau kacang dengan air rebusan mie instan selama semalaman bisa sangat berguna. Hal ini dikarenakan kacang akan lebih mudah empuk dan cepat matang. Sehingga tak perlu waktu lama untuk memasaknya.

6. Menyiram Tanaman

Sebagaimana ditemukan oleh beberapa orang peneliti, menyiram tanaman dengan menggunakan air rebusan mie instan rupanya bisa membantu pertumbuhan tanaman tersebut.

Ini disebabkan karena air rebusan mie instan memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga dengan demikian terbantulah pertumbuhan tanaman itu.