Jokowi Beberkan Data Quick Count Pilpres 2019 dari 12 Lembaga Survei, Hasilnya….


SURATKABAR.ID – Hasil quick count dari 12 lembaga survei di Republik Indonesia dibeberkan oleh calon presiden petahana Ir. Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan hasil hitung cepat yang mengunggulkan dirinya tersebut, diketahui bahwa Jokowi-Ma’ruf memperoleh 54,5% suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapat 45,5%.

“Kita juga akan terus menunggu, menanti penghitungan suara oleh KPU. Penghitungan resmi dari KPU yang kita harap secepatnya bisa diselesaikan,” ujar Jokowi dalam jumpa pers di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/04/2019). Demikian sebagaimana dilansir dari laporan Detik.com.

Rabu (17/04/2019) kemarin, Jokowi sempat mengadakan jumpa pers. Meski begitu, ia tidak mengungkit hasil quick count lantaran data yang masuk baru di bawah 70%. Namun setelah data masuk nyaris 100%, Jokowi akhirnya buka-bukaan mengenai hasilnya.

“Tapi quick count dari 12 lembaga survei yang ada sudah menyampaikan angka yang cukup jelas. Kemarin saya belum menyampaikan angkanya karena masih di bawah 70 persen,” tukas Jokowi.

“Tapi hari ini karena sudah hampir mencapai 100 persen, kami menyampaikan bahwa hasil quick count dari 12 lembaga survei, Jokowi-Amin dapat 54,5% dan Prabowo-Sandi mendapat 45,5%,” sambungnya.

Baca juga: Kenapa Sandiaga Tak Dampingi Prabowo Saat Deklarasi Kemenangan?

Jokowi menuturkan quick count dilakukan oleh lembaga-lembaga survei secara secara ilmiah. Quick count ini juga bukan baru pertama kali dilakukan pada Pemilu 2019.

Kendati telah disebutkan menang berdasarkan quick count, Jokowi meminta para pendukung tetap bersabar menunggu penghitungan KPU.

“Kita tahu semuanya, yang namanya penghitungan quick count adalah penghitungan ilmiah yang dari pemilu-pemilu lalu. Akurasinya 99 persen, yang hasilnya hampir sama dengan real count,” tandasnya.

“Namun demikian, sekali lagi, kita harus harus tetap sabar menunggu penghitungan resmi dari KPU,” Jdemikian Presiden Jokowi menyampaikan imbauannya.

Dapat Ucapan Selamat dari Erdogan-Mahathir

Selain itu, Jokowi juga mengaku telah menerima telepon ucapan selamat dari banyak pimpinan negara. Ia antara lain menerima telepon dari PM Malaysia, Tun Mahathir Mohamad hingga Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan.

“Yang pertama baru saja dari siang sampai sore tadi kita telah menerima telepon dari Perdana Menteri Malaysia, Dr Tun Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura PM Lee Hsien Loong dan juga dari Presiden Turki, Presiden Erdogan,” tutur Jokowi di Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/04/2019).

Para pemimpin negara itu memberi selamat kepada Jokowi selaku presiden atas penyelenggaraan Pemilu 2019. Ia melanjutkan, para pemimpin negara itu juga memberi selamat kepada seluruh masyarakat Indonesia atas keberhasilan penyelenggaraan pemilu, juga kepada dirinya dan KH Ma’ruf Amin.

“Memberikan ucapan selamat atas berlangsungnya pesta demokrasi besar di negara kita, pileg maupun pilpres dan beliau menyampaikan ucapan selamat kepada sleuruh masyarakat Indonesia dan juga kepada Jokowi-KH ma’ruf Amin atas keberhasilan pemilu 17 April kemarin,” ungkap Jokowi.