Sering Dianggap Tak Berguna, Jaring Buah Ternyata Punya 5 Manfaat Tak Terduga


SURATKABAR.ID – Sering dibuang, nyatanya jaring buah memiliki 5 manfaat yang jarang diketahui banyak orang. Jaring buah biasanya ditemukan saat membeli buah. Jaring ini digunakan untuk melapisi bagian luar yang membungkus agar buah tersebut tetap ranum dan terjaga bentuk dan kulitnya.

Namun, melansir Intisari.Grid.ID, Kamis (18/04/2019), siapa sangka jika jaring berwarna putih ini mempunyai manfaat yang tak terduga bagi kehidupan sehari-hari. Selain fungsinya yang merupakan pelindung pada buah, ternyata ada banyak juga manfaat lain yang bisa didapatkan dari jaring ini.

Padahal, banyak orang yang kebanyakan langsung membuangnya lantaran tak menyadari manfaatnya. Apakah termasuk Anda?

Berdasarkan informasi yang dihimpun melalui Toutiao, simak kelima manfaat ajaib dari jaring buah yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya dan bisa mendatangkan manfaat dan kegunaan.

1. Melindungi telur

Jika Anda mempunyai beberapa butir telur yang tidak bisa disimpan ke dalam lemari pendingin, Anda bisa menggunakan jaring buah sebagai pelindung.

Baca juga: 5 Definisi Bahagia dari Beragam Negara, Orang Jepang Hindari Stress dengan Cara Ini

Dengan meletakkan butiran telur pada jaring buah, telur tidak akan mudah pecah ketika terkena sedikit benturan.

2. Insulasi panas

Di musim penghujan ini, tak jarang tubuh butuh lebih banyak asupan minum air hangat. Apalagi jika mengingat dinginnya suhu cuaca yang ada. Namun seringkali meminum air panas bisa menyusahkan Anda menggenggam gelas.

Jaring buah ini juga bisa berfungsi sebagai insulasi panas. Caranya dengan membungkus gelas berisi air panas dengan jaring tersebut. Dengan begitu, jaring yang membungkus gelas bisa meredam panasnya sehingga Anda tak perlu merasa panas lagi sewaktu memegangnya.

3. Untuk mencuci piring

Selain itu, jaring buah bisa digunakan untuk mengganti spons pencuci piring. Karena lapisan busanya tergolong kuat namun sangat lunak, jaring dapat digunakan untuk mencuci piring.

Bahkan karena struktur jaringnya, gesekan akan meningkat selama proses pencucian, dan Anda hanya akan memerlukan sedikit deterjen. Selain itu, jaring ini mempunyai kemampuan dekontaminasi yang kuat dan akan membuat Anda lebih hemat dalam mencuci.

4. Sabun anti cair

Saat Anda mengggunakan sabun mandi yang padat, akan selalu ada banyak air yang meresap ke bawah kotak tempat sabun. Hal itu akan menyebabkan sabun Anda mencair dan juga membiakkan bakteri.

Namun dengan menggunakan jaring buah sebagai alas sabun akan terisolasilah ruang antara sabun dengan kotak. Sehingga dengan demikian, air bisa disaring dengan cepat. Alhasil, sabun padat pun bisa bertahan dalam waktu lebih lama. Karena berada dalam keadaan kering, sabun padat Anda pun bisa jadi lebih hemat.

5. Mencegah lantai licin karena keset

Keset merupakan alas yang digunakan untuk mebersihkan kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Namun seringnya, alas keset ini kerap terasa licin dan tidak stabil. Bahkan tak jarang karena saking licinnya malah bisa dengan mudah menyebabkan seseorang tergelincir.

Itulah sebabnya Anda bisa meletakkan jaring buah di bawahnya. Hal ini sangat bermanfaat supaya gesekan lantai menjadi tidak terlalu licin. Dengan begitu, jaring buah mencegah Anda terpeleset saat menginjakkan kaki ke permukaan keset.