Miris! Mati Mendadak di Atas Panggung Usai Bergurau Soal Kematian, Komika Ini Malah Ditertawakan Penonton


SURATKABAR.ID – Tak seorang pun berharap didatangi malaikat maut tiba-tiba. Apalagi ketika masih membawakan sebuah pertunjukan di depan para penonton. Namun tidak ada yang dapat memprediksi kapan seseorang mati. Seperti kasus kematian mendadak seorang pelawak veteran Inggris ini.

Ian Cognito, komika berusia 60-an tahun ini, seperti yang dilansir dari laman Kompas.com, Sabtu (13/4/2019), meregang nyawa ketika sedang berdiri di atas panggung membawakan materi lawakannya pada Kamis (11/4) malam.

Komika ini dilaporkan jatuh sakit di tengah penampilannya di bar Atic, Kota Bicester, di dekat Oxford. Petugas medis yang dipanggil tiba di lokasi pada pukul 22.00 waktu setempat, namun Ian Cognito dinyatakan sudah tak bernyawa. Hal tersebut diungkapkan Ryan Mold, sang pemilik bar.

Mold yang hadir di lokasi ketika Ian unjuk gigi mengatakan, komedian tersebut sedang berdiri di panggung dan sudah merampungkan separuh dari materinya. “Tiba-tiba dia terduduk menyandarkan kepala dan lengannya. Sementara bahunya berkedut,” ungkap Mold.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa para penonton mengira aksi yang ditunjukkan sang komika tersebut memang merupakan bagian dari pertunjukan. Pasalnya, beberapa menit sebelum terjatuh Cognito sempat berkelakar mengenai sakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Terkena Serangan Jantung di Tempat Umum, Trik Korban Minta Tolong Bikin Ngelus Dada

Ditambahkan Mold, Cognito dikenal sebagai sosok yang flamboyan ketika beraksi di atas panggung. Setiap penampilannya senantiasa terlihat unik di hadapan para penonton.

Sesama komedian, diungkapkan Mold, sudah menyadari ada sesuatu yang tak beres terjadi pada Cognito berselang beberapa menit kemudian. Mereka lalu berlari ke panggung dan berupaya memberikan pertolongan.

Mereka menghubungi ambulans dan seorang paramedis yang kebetulan ikut menonton pertunjukan Cognito ikut membantu dengan memberikan CPR. Sementara itu para penonton lainnya diminta untuk keluar dari ruangan.

Kematian komedian yang pernah dianugerahi penghargaan pada 1999 Ian Cognito ini sontak membuat media sosial di negara berjuluk The Black Country banjir ucapan duka cita. Salah satunya datang dari Jimmy Carr, yang dikenal melalui acara televisi berjudul 8 Out of 10 Cats.

Ia mengungkapkan tidak akan melupakan sosok Ian Cognito yang sangat berjasa karena menolongnya di awal karier. “Penonton menganggap kejadian itu bagian dari pertunjukan. Meninggal di atas panggung. Itu adalah komitmen terhadap komedi,” kata Carr.

Jack Whitehall yang baru-baru ini memandu acara Brit Awards menggambarkan Ian Cognito sebagai orang yang hebat. “Saya harap dia menemukan tempat untuk menggantungkan mantelnya di surga,” ujar Whitehall.